SOLOPOS.COM - Pembalap Solo, Rio Haryanto, mengaku siap hadapi GP2 Series 2013 seri ketiga di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Jumat-Sabtu (10-12/5/2013). dokJIBI/SOLOPOS

Pembalap Solo, Rio Haryanto, mengaku siap hadapi GP2 Series 2013 seri ketiga di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Jumat-Sabtu (10-12/5/2013). dokJIBI/SOLOPOS

SOLO—Pembalap nasional asal Solo, Jawa Tengah, Rio Haryanto, mengaku siap tampil pada seri ketiga lomba balap mobil GP2 Series di Sirkuit de Catalunya Barcelona, Spanyol, Jumat-Minggu (10-12/5/2013).

Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati, ketika dihubungi dari Semarang, Senin, mengatakan, Rio Haryanto sudah berangkat ke Barcelona pada Jumat (3/5/2013) dan bergabung dengan timnya Addax Barwa di markasnya Valencia, Spanyol.

“Di Valencia, Rio Haryanto juga berlatih soal simulasi lintasan yang akan ditempuh saat tampil di Barcelona mendatang, termasuk mencari stelen yang tepat bagi untuk mobilnya yang akan dikenakan pada seri ketika mendatang,” katanya.

Ia mengatakan persiapan fisik sudah dilakukan Rio Haryanto dengan cara latihan fitnes untuk mempekuat otot-otot bagian leher, kaki, dan tangan.

“Selain itu, juga dengan renang dan treadmil untuk menjaga kebugaran tubuhnya menjelang tampil di Spanyol mendatang,” katanya menegaskan.

Rio Haryanto, lanjut dia, sempat mengalami bengkak di lututnya akibat kecelakaan yang dialami saat tampil pada seri kedua di Sirkuit International Bahrain beberapa waktu lalu. Akan tetapi, sekarang sudah sembuh.

Seperti diketahui pada seri kedua di Bahrain beberapa waktu lalu, terutama pada race kedua, mobil Rio Haryanto terlibat tabrakan dengan pembalap lainnya saat memasuki tikungan pertama.

Hal tersebut terjadi karena ada mobil salah satu peserta berhenti mendadak sehingga beberapa kendaraan pembalap saling bertabrakan dan mobil Rio menabrak mobil yang ada di depannya.

“Rio Haryanto terpaksa masuk pit stop untuk memperbaiki mobilnya karena hidung kendaraannya terlepas akibat tabrakan tersebut,” katanya.

Akibatnya, Rio hanya berada di posisi ke-24 pada race kedua.

Pada seri ketiga di Barcelona mendatang latihan resmi dilaksanakan pada tanggal Jumat pagi, kemudian sore harinya memasuki babak kualifikasi. Selanjutnya pada tanggal 11 Mei menempuh race pertama (feature race) dan 12 Mei menempuh race kedua (sprint race).

Sampai selesianya dua seri lomba GP2 Series ini, pebalap tim Rapax S. Coleti masih berada pada posisi pertama dengan total nilai 64 disusul pebalap dari tim Racing Engineering F. Leimer dengan nilai 54, dan ketiga adalah F. Nasr dari tim Carlin dengan nilai 48.

Rio Haryanto yang bergabung dengan tim Addax Barwa berada pada posisi ke-23 dan belum berhasil mendapatkan poin demikian juga dengan rekan satu timnya Jake Rosenzweigh (Amerika Serikat) berada di urutan ke-25.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya