Marc Marquez (Reuters-Rafael Marrodan)

Solopos.com, VALENCIAMarc Marquez memang sudah keluar sebagai juara Moto GP 2019 dengan dominasi yang amat meyakinkan. Pembalap Spanyol itu telah menyegel gelar di GP Thailand atau saat musim masih menyisakan empat balapan. Namun musim ini Marquez tentu sudah melihat sinyal perlawanan dalam diri Fabio Quartararo.

Pembalap berstatus rookie of the year itu bakal kembali menunjukkan kelayakannya sebagai penantang serius Marquez musim depan pada balapan pamungkas tahun 2019 dalam GP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (17/11/2019) malam.

Quartararo telah memberi “gertakan” dengan selalu menjadi yang tercepat di tiga sesi latihan bebas. Ini kali pertama pembalap Petronas Yamaha itu menyapu bersih latihan bebas pada musim 2019.

Dominasi tersebut bukan tak mungkin mengantar Quartararo menjadi juara GP Valencia. Apalagi Marquez diperkirakan sudah tak terlalu bernafsu mencari kemenangan dengan gelar juara yang sudah di tangan.

Sejauh ini capaian terbaik Quartararo memang mentok di posisi kedua yakni di GP Spanyol, GP San Marino, GP Thailand dan GP Jepang. Quartararo sendiri beberapa kali mampu bersaing ketat dengan Marquez meski pada akhirnya gagal memenangi duel.

Meski dominan di latihan bebas, Quartararo tak merasa bakal mudah memenangi balapan pamungkas. Pembalap 20 tahun itu merasa laju motornya tak sebaik Marquez maupun Maverick Vinales.

“Jujur ini adalah lintasan yang tak pernah bagus untuk saya. Namun kami bekerja keras untuk bisa melaju secepat mungkin,” ujar pembalap Prancis ini dilansir Crash.

Sementara itu, GP Valencia bakal menjadi pembuktian terakhir Jorge Lorenzo sebelum pensiun akhir musim ini. Lorenzo tentu ingin memberikan kesan positif di balapan terakhir dengan setidaknya merebut poin di hadapan publik sendiri. Musim ini Lorenzo baru memetik 25 angka dan harus terperosok di peringkat 19 klasemen sementara.

Dia bahkan hanya mampu sekali meraih poin dari lima race terakhir (posisi 14 di GP Malaysia). Lorenzo memiliki asa untuk mencetak poin jika melihat performa meningkatnya dalam latihan bebas. Dia mampu berada di posisi ke-14 di latihan bebas ketiga setelah hanya berada di nomor 16 di latihan kedua dan 18 di latihan perdana.

“Sangat sulit untuk bisa fokus dengan banyaknya pesan [terkait pensiunnya]. Kini saya sudah bisa fokus agar bisa menyelesaikan balapan,” ungkapnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten