SOLOPOS.COM - Pembalap Formula One (F-1) dari tim Ferrari, Fernando Alonso (Tengah) merayakan kemenangannya di podium pertama bersama pembalap Lotus, Kimi Raikkonen (kiri) di posisi kedua dan Felipe Massa (kanan) dari Ferrari di posisi ketiga pada GP Spanyol di Sirkuit Catalunya, Minggu (12/5/2013) malam WIB. JIBI/SOLOPOS/Reuters

Pembalap Formula One (F-1) dari tim Ferrari, Fernando Alonso (Tengah) merayakan kemenangannya di podium pertama bersama pembalap Lotus, Kimi Raikkonen (kiri) di posisi kedua dan Felipe Massa (kanan) dari Ferrari di posisi ketiga pada GP Spanyol di Sirkuit Catalunya, Minggu (12/5/2013) malam WIB. JIBI/SOLOPOS/Reuters

BARCELONA—Obsesi tinggi Fernando Alonso untuk mempersembahkan gelar pertamanya di GP Spanyol bersama Ferrari akhirnya kesampaian.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pembalap Spanyol tersebut finis tercepat di hadapan pendukungnya sendiri di Sirkuit Catalunya, Minggu (12/5). Ini adalah kemenangan pertama bagi Alonso di Barcelona sejak 2006 sekaligus kemenangan kedua di seri balapan musim ini.

Alonso finis terdepan dengan dibayang-bayangi pembalap Lotus, Kimi Raikkonen di peringkat kedua. Adapun juara dunia Formula One (F1) tiga tahun terakhir, Sebastian Vettel dari Red Bull gagal menaiki podium. Podium terakhir di seri kelima F1 2013 ini dikuasai rekan setim Alonso, Felipe Massa.

“Dalam beberapa tahun di Ferrari, benar bahwa kami sangat percaya diri namun kami tidak puas dengan penampilan ini, kami ingin lebih bagus dan agresif di balapan berikutnya,” urai Alonso, dilansir Autosport.

Di tengah ancaman kondisi degradasi ban, Alonso melakukan pendekatan bagus di Catalunya. Vettel yang memulai start dari peringkat ketiga mulai terpental dari rombongannya sejak tingkungan pertama. Sementara mulai tikungan ketiga, Alonso mampu bersaing dengan Raikkonen dan jagoan Mercedes, Lewis Hamilton di urutan ketiga.

Nico Rosberg yang memegang pole position di GP Spanyol ini bernasib sial. Ia mulai kehilangan posisi terdepannya di lap ke-12 ketika Alonso menyalipnya di tikungan pertama, dilanjutkan Vettel dan Raikkonen.

Sejak itu, Alonso terus memimpin di depan. Vettel yang berusaha mengejar dengan berbagai strategi mulai kehabisan akal. Justru Raikkonen lah yang akhirnya mengambil alih peringkat kedua di belakang Alonso setelah pembalap berjuluk The Iceman ini menyalip jagoan Red Bull di lap ke-33.

Lotus berpotensi finis terdepan di balapan ini. Raikkonen sempat unggul beberapa detik depan Alonson ketika keduanya tinggal menyisakan satu pit stop. Namun ban baru, membuat Alonso yang semula berada di belakang Raikkonen perlahan mampu memimpin kembali di depan.

Meski gagal menaiki podium di balapan ini, Vettel masih memimpin di klasemen sementara pembalap. Pembalap asal Jerman itu mengumpulkan 89 poin dan ditempel ketat Raikkonen yang mengoleksi 85 poin. Adapun Alonso yang tertinggal 17 poin dari Vettel dan 13 poin dari Raikkonen menduduki peringkat ketiga klasemen sementara pembalap.

Hasil buruk didapat Lewis Hamilton. Pembalap Mercedes itu mengawali balapan dari posisi start kedua. Namun juara dunia F1 2008 itu tercecer ke belakang dan hanya mampu finis di peringkat ke-12 di Catalunya ini.

“Ini sebuah pengalaman yang saya tidak inginkan terulang lagi. Hari ini sangat mirip seperti yang menimpaku di Bahrain. Saya tidak bisa menekan dan jika saya lakukan, ban tidak akan bekerja sempurna. Saya benar-benar kalah hari ini. Saya tidak tahu apa yang salah,” tandas Hamilton.

Hasil GP Spanyol di Sirkuit Catalunya, Minggu (12/5)
No    Pembalap    Tim    Waktu
1    Fernando    Alonso    Ferrari    1 jam 39 menit 16,596 detik
2    Kimi Raikkonen    Lotus-Renault    +9,338 detik
3    Felipe Massa    Ferrari    +26,049 detik
4    Sebastian Vettel    Red Bull-Renault    +38,273 detik
5    Mark Webber    Red Bull-Renault    +47,963 detik
6    Nico Rosberg    Mercedes    +1 menit 8,020 detik
7    Paul Di Resta    Force India-Mercedes    +1 menit 8,988 detik
8    Jenson Button    McLaren-Mercedes    +1 menit 19,506 detik
9    Sergio Perez    McLaren-Mercedes    +1 menit 21,738 detik
10    Daniel Ricciardo    Toro Rosso-Ferrari    + 1 lap

Klasemen Sementara Pembalap
No    Pembalap    Poin
1    Sebastian Vettel    89
2    Kimi Raikkonen    85
3    Fernando Alonso    72
4    Lewis Hamilton    50
5    Felipe Massa    45

Klasemen Sementara Konstruktor
No    Tim    Poin
1    Red Bull-Renault    131
2    Ferrari    117
3    Lotus-Renault    111
4    Mercedes    72
5    Force India-Mercedes    32

Sumber: Autosport

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya