SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pembalap Red Bull, Sebastian Vettel merayakan kemenangannya seusai menjuarai GP F-1 Singapura di Sirkuit Marina Bay Street, Minggu (23/9). (JIBI/SOLOPOS/REUTERS)

SINGAPURA—Meski diwarnai beberapa kali keluarnya safety car, juara dunia musim lalu, Sebastian Vettel tak terkejar untuk mencapai garis finish paling awal pada Grand Prix (GP) Formula One (F-1) Singapura di Sirkuit Marina Bay Street, Minggu (23/9) malam WIB.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Pembalap Red Bull Racing Renault ini memimpin jalannya lomba setelah mengambil alih posisi Lewis Hamilton yang tampil sebagai pole position. Hamilton harus mengakhiri balapan pada lap ke-23 akibat kerusakan gearbox.

Sementara posisi dua ditempati rekan setim Hamilton, pembalap McLaren, Jenson Button, disusul pemuncak klasemen sementara, Fernando Alonso dari tim Ferrari di urutan ketiga.

Balapan di Marina Bay Street, sebenarnya bakal dilakoni dalam 61 lap. Namun adanya berbagai insiden yang mewarnai serta jalannya perlombaan yang memenuhi tenggat waktu selama dua jam, akhirnya adu kebut ‘jet darat’ di Singapura itu hanya dilakoni dalam 59 laps.

Sejumlah insiden yang terjadi antara lain tabrakan cukup hebat antara pembalap Mercedes, Michael Schumacher dan Jean Eric Vergne. Selain itu juga, senggolan yang melibatkan Felipe Massa, Bruno Senna, Sergio Perez dan Nico Huelkenberg.

Akibat sejumlah insiden ini, safety car sempat masuk ke lintasan sebanyak dua kali. Selain itu, bendera kuning juga sempat dikibarkan beberapa kali agar para pembalap lebih hati-hati.

Meski demikian, insiden ini tampaknya menjadi berkah bagi Vettel. Kemenangannya di Marina Bay Street membuat kansnya mempertahankan gelar juara dunia musim ini kembali terjaga.

Sukses menempati podium pertama membuat Vettel kembali melesat ke posisi dua klasemen pembalap. Vettel mengoleksi 165 poin atau mempersempit jaraknya tinggal 29 poin dari Alonso dalam enam seri tersisa.

“Ini merupakan 1o poin lebih baik dari sebelumnya, jadi masih banyak balapan tersisa. Sulit untik memprediksi apa yang akan terjadi, tapi kami harus memastikan untuk menyelesaikan lomba. Apa kami menang atau mengumpulkan banyak poin,” ujar Vettel dilansir Reuters seusai lomba.

Kemenangan ini merupakan kali kedua yang diraih Vettel sepanjang musim ini. Kali terakhir Vettel naik podium, yakni saat balapan di GP Bahrain, awal musim lalu.

Sementara bagi Hamilton, nasib apes di Singapura membawanya kembali ke posisi empat. Hamilton mengoleksi 142 poin atau berselisih 52 poin dari Alonso.
Hasil GP F-1 Singapura, Minggu (23/9)
No    Pembalap    Tim    Catatan waktu
1    Sebastian Vettel    Red Bull Racing-Renault    2jam26.144detik
2    Jenson Button    McLaren-Mercedes    +8.9d
3    Fernando Alonso    Ferrari    +15.2d
4    Paul di Resta    Force India-Mercedes    +19.0d
5    Nico Rosberg    Mercedes    +34.7d
Klasemen sementara
No    Pembalap    Negara    Tim    Poin
1    Fernando Alonso    Spanyol    Ferrari    194
2    Sebastian Vettel    Jerman    Red Bull Racing-Renault    165
3    Kimi Räikkönen    Finlandia    Lotus-Renault    149
4    Lewis Hamilton    Inggris    McLaren-Mercedes    142
5    Mark Webber    Australia    Red Bull Racing-Renault    133

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya