SOLOPOS.COM - Fabio Quartararo juara GP Spanyol. (REUTERS/Marcelo Del Pozo)

Solopos.com, LE MANS — Fabio Quartararo berambisi mengakhiri peruntungan kurang baik pembalap tuan rumah di Moto GP Prancis akhir pekan ini.

Berstatus pemuncak klasemen sementara musim ini dengan 108 poin, Quartararo wajib meraih hasil terbaik untuk mempertahankan singgasananya. Apalagi dia hanya berjarak delapan angka dari Joan Mir di posisi kedua.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Anak Ditangkap Saat Demo UU Cipta Kerja, Orang Tua Ramai-Ramai Menjemput di Polrestabes Surabaya

Dalam sejarah Moto GP, belum pernah ada pembalap Prancis yang mampu meraih kemenangan di sirkuit negaranya. Hal itu tak lepas dari fakta tidak ada pembalap Prancis yang mampu bersaing di papan atas pada kelas Moto GP sejauh ini.

Di ajang grand prix secara keseluruhan, pembalap tuan rumah terakhir yang mampu memenangkan balapan di Prancis adalah Louis Rossi di Moto 3 Prancis 2012.

Setelah momen itu, belum ada lagi pembalap Prancis yang mampu memenangkan pertandingan di tiga kelas perlombaan. Padahal Prancis punya Johann Zarco yang dua kali juara dunia Moto 2. Namun Zarco juga tak pernah mampu menang di Prancis baik di Moto 2 maupun saat naik kelas ke MotoGP.

Jaga Jarak

Misi menang di rumah sendiri ini yang kemudian dibawa oleh Quartararo di Sirkuit Bugatti, Le Mans, Minggu (11/10/2020). Pembalap berjuluk El Diablo itu bakal berusaha meraih kemenangan demi menjaga selisih dengan Mir di posisi kedua.

Tahun lalu, Quartararo harus puas finis di posisi kedelapan di GP Prancis. Upaya Quartararo mempertahankan singgasana diyakini tak mudah karena Mir sukses menjaga konsistensi pada beberapa balapan terakhir meski belum mampu meraih podium satu.

Pandemi Covid-19, Warga Madiun Banyak yang Gadaikan Perhiasan ke Pegadaian

Alex Rins sendiri terang-terangan siap membantu rekan setimnya di Suzuki itu untuk menjegal Quartararo dalam perburuan gelar juara Moto GP 2020. “Ya tentu saja. Jika saya tidak memiliki kesempatan memenangi Moto GP, saya akan berusaha membantu Joan,” ujar Rins dilansir Motosan, Jumat (9/10/2020).

Menurut Rins membantu sesama rekan setim juara adalah hal lumrah. Rins sempat membantu adik kandung Marc Marquez, Alex Marquez, juara Moto3 2014, saat membela Honda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya