Pembalap Ferrari, Charles Leclerc. (Reuters-Gonzalo Fuentes)

Solopos.com, MONAKO — Mercedes benar-benar menjadi mimpi buruk kompetiornya pada ajang Formula 1 (F1) 2019. Bagaimana tidak? Tim berjuluk Silver Arrow ini sukses menyapu bersih gelar juara di lima seri awal ajang balap jet darat. Tak hanya itu, Mercedes juga mampu memborong posisi satu-dua di lima balapan awal.

Dalam sejarah F1, belum pernah ada tim yang berhasil mencatatkan torehan sedominan Mercedes di lima seri awal. Dominasi pabrikan asal Woking tersebut tampaknya belum akan surut dalam seri keenam di GP Monako, Minggu (26/5/2019) malam WIB. Pembalap andalan Mercedes, Lewis Hamilton, sukses menjadi yang tercepat dalam dua sesi awal latihan bebas di Sirkuit Monako.

Namun rival utama Mercedes, Ferrari mulai memberi perlawanan dengan menempatkan Charles Leclerc menjadi yang tercepat di sesi latihan ketiga, Sabtu (25/5/2019) malam WIB. Pembalap tuan rumah itu mencatatkan waktu 1 menit 11,265 detik, unggul 0,053 detik dari pembalap Mercedes, Valtteri Bottas di peringkat kedua.

Adapun Hamilton harus puas di peringkat ketiga dengan selisih 0,2 detik dari Leclerc. Di sisi lain, rekan setim Leclerc, Sebastian Vettel, terlempar ke peringkat 14 karena mengalami kecelakaan di tikungan Sainte Devote.

Prinsipal tim Ferrari, Mattia Binotto, menilai mobil terbaru Ferrari, SF90, sejatinya lebih efisien dibanding konsep mobil sebelumnya. Namun dia mengakui kelebihan dari sisi efisiensi terbukti belum cukup untuk memenangi persaingan melawan Mercedes.

“Anda bisa melihat kekuatan kami di trek lurus. Namun bukan berarti kami punya mobil dengan downforce terbaik,” ujar Binotto seperti dilansir F1.com, Sabtu.

Meski demikian pihaknya menolak menyerah dalam persaingan juara. Binotto menilai Ferrari berpeluang bangkit di Sirkuit Monako yang karakternya hampir mirip dengan Sirkuit Baku, Azerbaijan, seri di mana Ferrari melaju cukup baik di lintasan.

“Mercedes memang kembali menunjukkan kekuatannya di latihan bebas I dan II. Namun saya pikir ini [persaingan] masih jauh dari akhir. Masih banyak yang bisa dilakukan [untuk kembali ke persaingan],” ujarnya.

Di sisi lain, Red Bull tak bisa dikesampingkan dari persaingan setelah Max Verstappen sukses meraih podium ketiga di GP Spanyol lalu. Musim 2018 Red Bull juga sukses merajai sirkuit jalanan Monako lewat Daniel Ricciardo. Red Bull sukses mengasapi Vettel yang berada di posisi runner up serta Hamilton di posisi ketiga. 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten