SOLOPOS.COM - Pembalap Red Bull asal Australia, Mark Webber, memberi salam pada para penonton seusai babak kualifikasi Grand Prix Formula Satu Korea Selatan di Sirkuti Yeongam, Sabtu (13/10/2012). (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Pembalap Red Bull asal Australia, Mark Webber, memberi salam pada para penonton seusai babak kualifikasi Grand Prix Formula Satu Korea Selatan di Sirkuti Yeongam, Sabtu (13/10/2012). (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

YEONGAM — Pembalap Red Bull Racing, Mark Webber, mempecundangi rekan setimnya, Sebastian Vettel, untuk merebut pole position pada kualifikasi Grand Prix Formula One (GP F1) Korea di Sirkuit Internasional Korea, Sabtu (13/10/2012).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Webber dipastikan bakal memulai start di posisi terdepan pada GP F1 Korea, Minggu (14/10). Sedangkan juara dunia, Vettel, yang tertinggal kurang dari setengah detik dari Webber di babak kualifikasi, akan memulai balapan di posisi kedua. Setelah mengantongi modal bagus di sesia latihan bebas, Vettel sebenarnya lebih difavoritkan untuk menjadi pembalap yang membukukan waktu tercepat di sesi kualifikasi. Juara balapan jet darat pada musim 2010 dan 2011 tersebut menunjukkan penampilan yang sangat dominan.

Namun nyatanya, Webber, bisa lebih tangguh dengan memanfaatkan kesempatan di menit-menit akhir. Ia akhirnya mencatat waktu tercepat dengan torehan satu menit 37,242 detik. Kesuksesan Webber sekaligus menandai pole ke-200 bagi Renult, yang menjadi pemasok mesin bagi Red Bull.

Webber sendiri menyebut penampilannya di sesi kualifikasi ini dengan nilai nyaris sempurna. Ini menjadi pole ke-11 bagi pembalap Australia tersebut sepanjang karier dan pole keduanya di musim ini. “Lap yang sangat bagus sejak tikungan ke-15. Saya membukukan penampilan oke. Potongan kinerja yang bagus karena saya bisa menjalani sebagus mungkin pada tikungan ke-11 dan tikungan ke-12, jadi Anda bisa melesat dengan halus,” jelas Webber, dilansir Autosport.

Respons Vettel memang kalah tipis di sesi kualifikasi ini. Catatan waktu tercepat miliknya masih kalah 0,074 detik dibandingkan waktu tercepat yang digenggam rekan retimnya tersebut. Sedangkan pemuncak klasemen sementara pembalap, Fernando Alonso, hanya bisa berdiri di peringkat keempat pada ajang kualifikasi. Pembalap Ferrari tersebut akan memulai balapan di belakang jagoan McLaren, Lewis Hamilton, yang membukukan waktu tercepat ketiga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya