SOLOPOS.COM - Pembalap Redbul Formula Satu Sebastian Vettel dari Jerman melemparkan trofi juara yang dia raih pada balapan di F1 GP Jepang, Minggu (13/10/2013). (JIBI/Reuters/Toru Hanai)

Solopos.com, SUZUKA — Sebastian Vettel meraih kemenangan kelima beruntunnya musim ini seusai menjadi pembalap pertama yang finis di GP Jepang. Hasil ini kian mendekatkan Vettel ke titel juara dunia keempatnya.

Pada balapan yang dihelat di sirkuit Suzuka, Minggu (13/10/2013) siang WIB, Vettel berhasil mengungguli rekan setimnya di Red Bull Racing, Mark Webber, yang memulai balapan dari posisi terdepan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di posisi ketiga pembalap Lotus, Romain Grosjean, yang disusul driver Ferrari Fernando Alonso di posisi keempat dan Kimi Raikkonen melengkapi posisi lima besar.

Dengan kemenangan kelima beruntun sekaligus yang ke-9 musim ini, seperti dilansir detiksport, Vettel punya 297 poin dan unggul 90 angka dari Alonso di posisi kedua klasemen pebalap. Berarti driver asal Jerman itu hanya butuh minimal finis lima besar di GP India 27 Oktober mendatang untuk meraih titel juara dunia musim ini.

Ekspedisi Mudik 2024

Balapan dimulai dan Grosjean langsung menyalip di turn 1 untuk mengambil alih pimpinan balapan. Sementara Webber harus turun ke posisi kedua dan Vettel di urutan ketiga.

Hamilton mengalami masalah pada mobilnya dan tiba-tiba melambat. Rosberg, Massa, dan Alonso ada di posisi keempat hingga keenam Akhirnya di lap ke-9 Hamilton harus mengakhiri balapan lebih cepat karena mobilnya bermasalah. Di lap ke-12 Grosjean masuk ke pit dan Vettel berada di posisi terdepan. Sementara Webber di posisi ketiga.

Vettel kemudian masuk ke pit stop di lap ke-15 dan kembali Grosjean memimpin balapan, Vettel turun ke posisi ketiga.

Masuk di lap ke-20 Grosjean masih memimpin balapan di depan Webber dan Vettel. Daniel Ricciardo, Nick Hulkenberg, Massa, dan Alonso memperebutkan posisi keempat.

Di lap ke-21 Alonso sudah naik dua strip ke posisi kelima untuk mengincar posisi Hulkenberg yang berada di depannya. Grosjean masih relatif nyaman memimpin balapan disusul duo Red Bull.

Di lap ke-26 Grosjean masih memimpin balapan dan di belakangnya kali ini Vettel yang cuma berselisih di bawah satu detik, setelah Webber masuk pit satu lap sebelumnya. Hulkenberg dan Alonso masih bersaing memperebutkan posisi keempat.

Vettel memimpin balapan di lap ke-30 setelah Grosjean masuk pit dan harus turun ke posisi ketiga. Webber di posisi kedua Sempat memimpin hingga 13 detik di depan Webber, Vettel harus kehilangan posisi usai masuk pit di lap 37. Grosjean kembali menguntit Webber dari posisi kedua.

Di lap ke-41 Grosjean dan Vettel terlibat duel wheel to wheel, hingga di trek lurus Vettel dengan DRS-nya sukses melewati Grosjean dari sisi kanan untuk berada di posisi kedua. Webber masih ada di posisi terdepan.

Vettel kembali memimpin balapan di lap 43 karena Webber masuk pit. Vettel kini unggul sekitar 6,8 detik dari Webber yang harus turun ke posisi ketiga.

Sementara itu Alonso naik ke posisi keempat di lap 46 usai lama menguntit Hulkenberg dan coba meraih poin semaksimal mungkin demi menunda pesta juara Vettel.

Webber akhirnya mampu menyalip Grosjean di trek lurus ketika balapan tersisa satu lap lagi dan Vettel akhirnya tak tertahankan untuk merebut kemenangan kelima beruntunnya musim ini. Di belakang Vettel ada Webber, Grosjean, Alonso, dan Hulkenberg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya