SOLOPOS.COM - Pembalap tim Red Bull asal Jerman, Sebastian Vettel, duduk di dalam mobilnya saat sesi latihan GP F1 Amerika di Circuit of the Americas di Austin, Texas. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Pembalap tim Red Bull asal Jerman, Sebastian Vettel, duduk di dalam mobilnya saat sesi latihan GP F1 Amerika di Circuit of the Americas di Austin, Texas. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

AUSTIN – Juara dunia bertahan Sebastian Vettel tidak terpengaruh oleh kendala teknis ketika berhasil mendominasi sesi latihan bebas Jumat (Sabtu WIB), menjelang balap mobil Formula Satu Grand Prix AS yang digelar Minggu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pembalap yang membela Tim Red Bulls itu mengincar gelar juara untuk ketiga kalinya secara beruntun. Vettel mencatat waktu tercepat pada latihan bebas sesi pagi, mengungguli Lewis Hamilton dari Tim McLaren, dan kemudian kembali tercepat di sesi sore, mengungguli rekan satu timnya Mark Webber.

Pembalap asal Jerman berusia 25 tahun itu mencatat waktu tercepat untuk satu putaran, yaitu satu menit 37,718 detik saat mengungguli Webber dengan selisih waktu hanya tujuh sepersepuluh detik. Padahal Vettel sempat mendapat gangguan karena terjadi kebocoran air pada mobilnya. “Memang kebocoran itu bisa mengurangi kecepatan, tapi tidak perlu dikhawatirkan,” katanya.

“Masih ada waktu satu hari lagi untuk latihan, jadi saya yakin semuanya akan beres. Kami berada di jalur yang benar,” kata Vettel.

Ia kemudian menambahkan: “Kami bisa dengan cepat menyesuaikan diri. Sore ini kami sedikit menghadapi kendala dan tidak bisa memacu kendaraan secepat yang kami inginkan, tapi setidaknya kami bisa mendapatkan hasil bagus di dua sesi latihan. Jadi kami sudah siap untuk lomba besok.” Meski mencatat waktu terbaik di sesi latihan pagi dan sore, Vettel mengakui bahwa pada lomba Minggu (Senin WIB) bisa saja berjalan tidak sesuai seperti yang diperkirakan.

“Pada sesi latihan Jumat, Anda harus sangat hati-hati karena lintasan licin. Saya kira hari ini ada satu atau dua kejutan dan kita akan lihat apa yang akan terjadi besok,” katanya.

Satu-satunya saingan Vettel untuk merebut gelar juara dunia, yaitu mantan juara dunia dua kali Fernando Alonso (Ferrari), berada di posisi tercepat ketiga, mengungguli Hamilton dan rekan satu timnya Jenson Button (Inggris).

Sementara itu Felipe Massa, rekan satu tim Alonso, berada di peringkat keenam sesi latihan yang berlangsung di sirkuit baru “America” yang berlokasi 25km diluar kota Austin.

Urutan ketujuh ditempati pembalap asal Jerman Nico Rosberg (Mercedes), disusul Bruno Senna (Williams), Kamui Kobayashi (Sauber) dan Michael Schumacher (Mercedes).

Webber sempat mencatat waktu tercepat pada sesi latihan sore, sebelum Vettel bangkit dan kondisi tersebut membuat kedua pembalap akan tampil lebih nyaman di balap Formula Satu Grand Prix AS yang kembali digelar setelah lima tahun.

Untuk menjadi juara dunia termuda yang mampu meraih gelar juara dunia Formula Satu tiga kali secara beruntun, Vettel harus mengungguli saingan terdekatnya Fernando Alonso dengan selisih 15 angka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya