SOLOPOS.COM - Pembalap Formula 1 asal tim McLaren, Jenson Button, melajukan mobilnya pada latihan bebas di Grand Prix Amerika Serikat di Austin, Texas, Jumat (15/11/2013) waktu setempat. JIBI/REUTERS/Mike Stone

Pembalap Formula 1 asal tim McLaren, Jenson Button, melajukan mobilnya pada latihan bebas di Grand Prix Amerika Serikat di Austin, Texas, Jumat (15/11/2013) waktu setempat. JIBI/REUTERS/Mike Stone

Pembalap Formula 1 asal tim McLaren, Jenson Button, melajukan mobilnya pada latihan bebas di Grand Prix Amerika Serikat di Austin, Texas, Jumat (15/11/2013) waktu setempat.
JIBI/REUTERS/Mike Stone

Solopos.com, AUSTIN – Tim Formula 1 (F1), Lotus, menebarkan pujian untuk Heikki Kovalainen yang dianggap tampil impresif dalam sesi latihan bebas Grand Prix (GP) Amerika Serikat di Austin, Texas, Jumat (15/11/2013) waktu setempat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pembalap veteran dengan 109 penampilan di F1 di mana dalam 60 balapan terakhir tanpa mencetak poin, Kovalainen, mencatatkan waktu tercepat di urutan kelima pada hari pembuka balapan. Dia berada di depan rekan setimnya asal Prancis, Romain Grosjean.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami merasa dia melakukan pekerjaan brilian pada hari ini, terutama dengan semua prosedur dan dia mulai terbiasa mengendarai sebuah mobil baru,” ujar direktur teknik Lotus, Nick Chester, dilansir Reuters, Sabtu (16/11/2013).

“Kami merasa seharusnya ini membutuhkan waktu [untuk adaptasi]. Namun begitu menjalani P1 [latihan bebas pertama] dia sudah siap setelah mengemudikan mobil dengan sangat baik dan di P2 dia berada di urutan kelima tercepat dan melaju mulus,” imbuh Chester.

Kovalainen tidak pernah membalap sejak meninggalkan Caterham di akhir tahun lalu. Dia menggantikan kompatriotnya Kimi Raikkonen yang tidak bisa menyelesaikan dua balapan sisa di musim ini karena menjalani operasi tulang belakang. Kovalainen mendapatkan panggilan dari team principal Lotus, Eric Boullier, Selasa (12/11/2013), untuk menggantikan Raikkonen.

Sementara pembalap McLaren, Jenson Button, dijatuhi penalti tiga grid setelah mengabaikan bendera merah pada sesi latihan Jumat pagi. Pembalap asal Inggris itu melewati mobil lainnya setelah dikibarkannya bendera merah akibat terhadu permasalahan dengan helikopter tim medis.

Insiden itu terjadi terjadi 14 menit memasuki sesi yang ditunda. Sesuai dengan peraturan FIA International Sporting Code bagian Appendix H artikel 2.4.4.1, juara dunia F1 2009 tersebut melakukan kesalahan yang harus dijatuhi hukuman. Ini merupakan kali pertama Button dijatuhi penalti grid di 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya