SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pembalap McLaren, Lewis Hamilton (kiri) dan pembalap Ferrari, Fernando Alonso merayakan kemenangannya di Sirkuit Monza dengan menyemprotkan sampanye, Minggu (9/9/2012). (JIBI/SOLOPOS/REUTERS)

MONZA—Pembalap McLaren, Lewis Hamilton menambah Grand Prix Italia dalam daftar kemenangannya. Hamilton merebut podium pertama setelah menjadi yang tercepat di Sirkuit Monza, Minggu (9/9/2012).
Sementara, pembalap Ferrari, Fernando Alonso hanya menempati urutan ketiga. Meski demikian, posisi ini cukup membuat Alonso kokoh di puncak klasemen pembalap.
Pembalap Spanyol ini bertengger di puncak dengan raihan 179 poin atau unggul 37 poin dari posisi dua yang kini diklaim Hamilton. Sedang Kimi Raikkonen yang finis di posisi kelima, juga menyodok ke urutan tiga.
Sukses di Monza menjadi kemenangan kali ketiga bagi Hamilton sepanjang musim ini. Selain itu, podium juara ini merupakan yang ke-20 sepanjang karier Hamilton.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

“Sangat fantastis bisa menang di sini. Saya sangat senang untuk tim saya. Ini hari yang fantastis,” ujar Hamilton di Reuters seusai lomba.
“Fernando adalah juara dunia dua kali. Jadi saya juga sangat senang dengan hasil yang diraihnya,” imbuhnya mengenai capai bekas rekan setimnya itu.
Sementara, pembalap Meksiko, Sergio Perez juga meraih hasil fantastis di Monza. Perez secara tak terduga mampu merebut podium runner up setelah mampu menyalip Alonso pada tujuh lap tersisa.
Sedang juara bertahan konstruktor, tim Red Bull mengalami mimpi buruk. Dua pembalapnya, juara bertahan, Sebastian Vettel dan Mark Webber tak mendapat poin karena gagal finis setelah mengalami kendala pada mesinnya.
Dengan capaian ini, baik Vettel maupun Webber harus turun peringkat dalam klasemen. Vettel turun dua peringkat ke posisi empat, sedang Webber ke urutan lima.
Nasib buruk juga dialami rekan setim Hamilton, Jenson Button. Pembalap yang menjadi juara di Seri Belgia dan tiga kali merebut podium runner up di Monza dalam tiga seri terakhir ini, harus keluar dari balapan di lap ke-33 karena kendala pada mesinnya.
Hasil GP F-1 Monza, Minggu (9/9/2012)
No    Pembalap    Tim    Catatan waktu
1    Lewis Hamilton     McLaren     1 jam 19:41 menit 221 detik
2    Sergio Perez     Sauber – Ferrari     +00:04.356 detik
3    Fernando Alonso     Ferrari    00:20.594 detik
4    Felipe Massa    Ferrari    00:29.667 detik
5    Kimi Raikkonen    Lotus – Renault    00:30.881 detik
Daftar klasemen sementara
No    Pembalap    Tim    Poin
1    Fernando Alonso    Ferrari     179
2    Lewis Hamilton    McLaren    142
3    Kimi Raikkonen    Renault    141
4    Sebastian Vettel    Red Bull    140
5    Mark Webber    Red Bull    132

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya