SOLOPOS.COM - Pembalap Lotus, Kimi Raikkonen. DokJIBI/Solopos/Reuters

Pembalap Lotus, Kimi Raikkonen, merayakan keberhasilannya setelah menjuarai GP F-1 Abu Dhabi di Sirkuit Yas Marina, Minggu (4/11/2012) malam WIB. JIBI/SOLOPOS/Reuters

ABU DHABI—Pembalap Lotus, Kimi Raikkonen, menjadi juara di Grand Prix (GP) Abu Dhabi, Minggu (4/11). Namun, pembalap Red Bull-Renault, Sebastian Vettel yang pantas menyandang predikat bintang di Sirkuit Yas Marina malam ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Vettel menyihir publik Sirkuit Yas Marina karena ia bisa menaiki podium ketiga meski memulai start dari posisi paling buncit alias urutan ke-24. Meski merebut pole position di urutan ketiga, Vettel didiskualifikasi saat mengalami masalah dalam tes bahan bakar di babak kualifikasi, yang menyebabkannya harus start dari pit-lane.

Sedangkan saingan utama Vettel di jalur perebutan juara dunia musim ini, Fernando Alonso, finis di belakang Raikkonen di urutan kedua dengan selisih waktu 0,8 detik.

Kendati demikian, Vettel masih memimpin perolehan klasemen sementara pembalap dengan keunggulan 10 poin atas Alonso. Persaingan keduanya diprediksi kian memanas di akhir musim 2012 yang tinggal menyisakan dua seri balapan.

Raikkonen juga pantas diacungi jempol. Mantan juara dunia F1 itu akhirnya bisa menaiki podium utama di tahun perdananya comeback ke ajang balap ‘jet darat’.
Ini adalah kemenangan pertama bagi Raikkonen sejak GP Belgia 2009. Selain itu, ini juga merupakan kemenangan pertama bagi tim yang bermarkas di Enstone sejak GP Jepang 2008 dan pertama dengan merek Lotus sejak GP Amerika Seikat (AS) 1987.

Pembalap McLaren, Lewis Hamilton, yang memegang pole position, terlihat sangat mendominasi pada awal balapan. Sayangnya ia membuat kesalahan dan mengalami persoalan teknis yang memaksanya keluar dari lintasan ketika memasuki lap ke-20 dari total 55 lap.

Di barisan belakang, Vettel, bisa dengan mudah menyodok ke peringkat ke-13. Namun juara dunia F1 2011 dan 2010 tersebut sempat mendapatkan gangguan dari Daniel Ricciardo yang menabrak papan penanda di sirkuit megah tersebut yang membuatnya terpaksa lebih cepat masuk ke pit stop.

Pengaturan ban juga menjadi kunci keberhasilan Vettel menempati podium di GP Abu Dhabi. Setelah mengganti sayap depannya, dia mulai melesat hingga posisi kedua di belakang Raikkonen.

Pada 12 lap terakhir, Raikkonen, Alonso, Button dan Vettel saling beradu sengit. Alonso bisa meloloskan diri dari tekanan Button. Jagoan Ferrari lantas bersaing sengit dengan Raikkonen. Pada akhirnya, Raikkonen yang menyentuh garis finis lebih dahulu, disusul kemudian Alonso dan Vettel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya