SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, JEPARA —Sebanyak 101 peserta mengikuti fun bike atau sepeda gembira Gowes Karimunjawa #4, Sabtu (30/3/2019). Sekitar 75% peserta berasal dari luar Jawa Tengah (Jateng).

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Sinoeng N Rachmadi menjelaskan, jumlah peserta Gowes Karimunjawa tahun ini naik dua kali lipat dari tahun sebelumnya. 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tahun ini, peserta dari luar Jateng juga bertambah. Ini membuktikan kalau Karimunjawa memang seksi. Diminati bukan hanya warga Jateng saja,” ucapnya melalui siaran pers yang diterima Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) di Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (30/3/2019).

Dikatakannya, fun bike yang sudah menjadi agenda tahunan ini memang mengusung konsep sport tourism. Berolahraga, sembari berwisata. “Selama ini, Karimunjawa terkenal dengan wisata airnya. Tapi kalau dinikmati dari darat, asyik juga,” terang Rachmadi.

Start fun bike Gowes Karimunjawa #4. (Bisnis-Istimewa)

Dia berharap, peserta gowes bisa mendapatkan pengalaman tersendiri selama mengelilingi Pulau Karimunjawa. “Pengalaman ini nanti bisa diceritakan kepada teman, saudara, atau komunitas masing-masing peserta,” tutur Rachmadi.

Sama dengan pergelaran sebelumnya, Fun Bike Karimunjawa #4 juga mengambil dua etape. Semuanya mengambil titik start dari alun-alun. Etape pertama menyuguhkan rute Pantai Ujung Gelam-Unduh Degan Kemojan-Pantai Laendra. Di Pantai Laendra, peserta bisa menikmati kemolekan salah satu pantai pasir putih andalan Karimunjawa, sembari istirahat menikmati makan siang.

Sementara etape kedua, mengambil rute tracking mangrove-Pantai Anora-kembali ke alun-alun. “Masing-masing etape 25 kilometer. Jadi totalnya 50 kilometer,” ucap Chariman Gowes Karimunjawa, Solichoel Soekaemi.

Semangat peserta fun bike Gowes Karimunjawa #4. (Bisnis-Istimewa)

Kedua etape menyuguhkan medan yang relatif datar. Kebanyakan justru track lurus. Hanya ada beberapa titik tanjakan. Itu pun tergolong ringan. Peserta juga didampingi 6 road captain yang merupakan pesepeda asli Karimunjawa.

“Karena ini memang fun bike, jadi santai-santai saja. Bersepeda sambil menikmati Karimunjawa dari darat,” jelasnya.

Dijelaskan, pihaknya mendapatkan dorongan dari sejumlah komunitas sepeda untuk tidak hanya membuka kelas fun bike saja. “Banyak yang sudah mengusulkan ada kategori lomba juga,” imbuhnya.

Rencananya lanjut dia, malam harinya, akan ada ramah tamah di Alun-Alun Karimunjawa. Di sana, akan ada sambutan dari Bupati Jepara dan pembagian hadiah. Ada juga rangkaian hiburan sebagai pemeriah suasana.

Gowes Karimunjawa #4 dimulai sekira pukul 08.45 WIB. Memang agak siang karena peserta yang rata-rata menumpang KM Kalimutu baru tiba di Pulau Karimunjawa pukul 07.00,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya