Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, dan istri berpose dengan pasangan artis Nirina Zubir dan Ernest Cokelat saat gowes di Semarang, Selasa (11/6/2019). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, sejak dulu memang dikenal gemar melakukan gowes atau bersepeda. Selain untuk refreshing, gowes juga dipercaya menjadi sarana bagi orang nomor satu di jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng itu untuk menjaga kebugaran.

Alhasil ia pun tak pernah mundur saat menerima ajakan untuk bersepeda. Seperti saat menerima ajakan pasangan artis Nirina Zubir dan Ernest ‘Cokelat’ Fardiyan Sjarif untuk gowes di Semarang, Selasa (11/6/2019).

Ganjar dan istri, Siti Atikoh, bahkan tampak santai melahap rute sejauh 16 km dari Semarang menuju Ungaran, melintasi kawasan Gunungpati yang penuh dengan tanjakan dan turunan. Di sisi lain, pemeran Rachel dalam film My Heart dan suaminya justru tampak ngos-ngosan untuk bisa menyusul Ganjar dan Atikoh.

Maklum saja, untuk menuju Ungaran dari Semarang rute yang dipilih Ganjar untuk Nirina sangat menantang.  Setidaknya ada 10 tanjakan curam yang dilewati mulai dari tanjakan Delik hingga Sisemut, Ungaran. Sempat beberapa kali tertinggal, Nirina akhirnya bisa menyusul Ganjar dan Atikoh di peristirahatan pertama di pintu gerbang Universitas Negeri Semarang (Unnes).

"Ini pasangan ridding suami istri terganas. Tanjakannya luar biasa. Sepertinya kita dikerjain ini. Kita jadi punya sebutan baru nih buat Pak Ganjar dan istri, BPB, mereka bukan pejabat biasa,” kata Nirina yang disambut tawa suaminya saat menyelesaikan etape pertama.

Bersepeda di Semarang memang sudah diniatin Nirina dan suaminya sejak awal. Mereka bahkan bertekad gowes menempuh jarak 1.200 km dari Jakarta menuju Seminyak, Bali.

Nirina dan suaminya yang merupakan gitaris grup musik rock, Cokelat, itu tidak sendirian. Mereka ditemani enam orang kawan dan bertolak dari Jl. T.B. Simatupang, Cilandak, Jakarta Selatan, sejak Kamis (6/6/2019).

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, bersepeda dengan artis Nirina Zubir di Semarang, Selasa (11/6/2019). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Sebelum sampai Seminyak Bali pada hari ke 12, Nirina Zubir dan suami singgah di Semarang.

“Kemarin sore [Senin, 10 Juni] ketika mau masuk Semarang aku WA [Whatsapp] Pak Ganjar, ‘izin melintas kotamu pak’. Terus ditanya naik apa, aku jawab gowes bareng suami. Saya kira mau dilepas biasa dari rumah dinas karena biasanya pejabat gitu. Tidak tahunya malah diajak sepedaan bareng dan dipilihin rute yang gila,” tutur Nirina.

Perjalanan gowesnya bersama suami dari Jakarta ke Bali itu, oleh Nirina dilabeli #suamiistriride. Menurutnya label itu juga cocok disematkan pada Gubernur Jateng dan istri yang punya hobi gowes.

Dari Semarang Nirina akan bertolak ke Solo. Mereka berangkat dari Puri Gedeh pukul 06.30 wib. Karena belum tahu rutenya, Nirina dan rombongan awalnya cukup PD terlebih setelah menguji kemampuan di Alas Roban.

"Dari Jakarta ini rute paling berat. Saya kira setelah melewati Alas Roban rute bakal landai, enteng lah. Wah ternyata ini rutenya gila. Dan ini saya masih ada sekitar 700 km lagi. Yakin kuat," katanya sambil tertawa.

Ganjar memang sengaja memilihkan rute ke Ungaran lewat Gunungpati yang lalu lintasnya tidak terlalu ramai. Mengerti Nirina dan suami kewalahan melewati rute itu, Ganjar pun berulang kali menyalip dan melontarkan candaan.

"Ini kan masih lebaran, mereka tak kasih THR, tanjakan hari raya," kata Ganjar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten