SOLOPOS.COM - Batu mulia Red Baron yang masih populer bagi pencinta batu akik, Jumat (9/10/2015). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Madiunpos.com)

Google Trends kali ini tentang 10 pencarian terpopuler tahun 2015.

Solopos.com, JAKARTA — Memasuki bulan Desember 2015, Google kembali mengumumkan daftar pencarian terpopuler Year in Search sepanjang tahun ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hasil itu memberikan sudut pandang menarik terhadap tren dan peristiwa terhangat berdasarkan kata kunci yang ditelusuri netizen atau pengakses Internet Indonesia. Tahun ini, batu akik menjadi pencarian terpopuler di negeri ini.

“Batu akik menjadi yang pertama karena begitu besar rasa ingin tahu netizen soal batu akik. Ini memperlihatkan tren yang terjadi ketika itu. Banyak orang mencari tahu soal batu akik, pencariannya berkisar seperti ciri-ciri batu akik yang asli, cara membedakannya dan lain sebagainya,” kata Country Industry Head Google Indonesia Henky Prihatna.

Berbeda dengan tahun lalu, tahun ini Google mengelompokkan pencarian terpopuler berdasarkan momen tertingginya, bukan berdasarkan banyaknya pencarian.

“Pencarian terpopuler ini jadi berdasarkan peak, bukan yang terbanyak. Kami mengelompokkan yang tertinggi saat momen itu, kemudian dibandingkan dengan peak yang lain lalu diambil yang peak paling tinggi,” jelas Henky.

Dia menambahkan, tren semacam ini disebut Google sebagai micro moments. Fakta menarik lainnya, netizen benar-benar memperlakukan ponsel seperti teman sendiri untuk bertanya apa saja, bahkan pertanyaan paling mudah.

“Mulai dari informasi model rambut yang tengah tren, resep makan malam, bahkan pertanyaan seperti apakah saya harus melanjutkan S2,” paparnya.

Selain batu akik, di deretan tiga teratas pencarian terpopuler ada Go-Jek dan kue cubit. Secara lengkap, berikut ini daftar 10 besar pencarian terpopuler Google sepanjang 2015 sebagaimana dihimpun Solopos.com dari Detik, Rabu (16/12/2015).

-Batu akik
-Go-Jek
-0Kue Cubit
-Angeline
-Olga Syahputra
-Dubsmash
-Furious 7
-Tragedi Mina
-Goyang Dumang
-Piala Presiden

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya