Google Tersandung Kasus Monopoli Iklan

Puluhan negara bagian di Amerika Serikat (AS) membuka penyelidikan tentang praktik periklanan Google yang diduga melanggar undang-undang antimonopoli.

Google Tersandung Kasus Monopoli Iklan

SOLOPOS.COM - Logo Google. (Reuters/Dado Ruvic)

Solopos.com, JAKARTA – Puluhan negara bagian di Amerika Serikat (AS) membuka penyelidikan tentang praktik periklanan Google yang diduga melanggar undang-undang antimonopoli.

Dilansir dari Bloomberg, jaksa agung dari 48 negara bagian di AS, yang dipimpin oleh Ken Paxton dari Texas, serta dari Distrik Columbia dan Puerto Rico mengumumkan penyelidikan tersebut pada Senin (9/9/2019) waktu setempat di Mahkamah Agung di Washington.

Penyelidikan ini dilakukan dengan berlandaskan kekhawatiran bahwa Google telah meningkatkan biaya untuk pengiklan. Ada pula keraguan tentang apakah konsumen mendapatkan informasi terbaik dari hasil pencarian perusahaan teknologi itu. “Ini [Google] adalah perusahaan yang mendominasi seluruh aspek periklanan di internet dan pencarian di internet,” ujar Paxton.

Penyelidikan tersebut menjadi tanda terbaru atas berkembangnya investigasi antimonopoli yang mempertemukan Google bersama dengan perusahaan teknologi lainnya di AS.

Pejabat-pejabat pemerintah diketahui semakin skeptis terhadap dominasi para pemain terbesar di industri ini dan mengambil langkah awal untuk mengendalikan perusahaan-perusahaan itu.

Besarnya ukuran kelompok investigasi, yang mencakup setiap negara bagian kecuali California dan Alabama, merupakan ancaman bagi Google. Negara-negara bagian itu memiliki rekam jejak menindak perusahaan-perusahaan besar, seperti produsen rokok dan bank, atas kerugian terhadap konsumen dan memenangkan denda yang dapat mencapai nilai miliaran dolar.

“Sungguh menakjubkan bahwa mereka [negara bagian] memiliki 50 jaksa agung yang merupakan bagian dari investigasi multi-negara,” tutur Charlotte Slaiman, penasihat kebijakan senior untuk kelompok advokasi konsumen Public Knowledge.

“Ini menunjukkan semakin banyak sumber daya staf yang dapat diajukan untuk bertanggung jawab. Penyelidikan apa pun dalam praktik periklanan Google akan membutuhkan banyak waktu,” lanjutnya.

Menyusul pengumuman tersebut, saham induk Google, Alphabet, turun sebanyak 1 persen dan ditutup kurang dari 1 persen di level US$1.205,27 di New York pada perdagangan Senin (9/9/2019). Saham ini diperdagangkan sekitar 7 persen di bawah rekor yang dicapai pada akhir April.

Berita Terkait

Berita Terkini

DK PBB Segera Bahas Palestina, Indonesia Pesan ke 3 Negara

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengirimkan pesan kepada menlu tiga negara terkait Palestina menjelang rapat Dewan Keamanan PBB.

Kapolda Jateng: Balik Ke Jakarta Wajib Bawa Hasil Swab dan Surat Izin

Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol. Ahmad Luthfi meminta masyarakat yang hendak balik ke Jakarta membawa hasil uji swab dari fasilitas kesehatan lokal.

Israel Runtuhkan Kantor Al Jazeera & AP di Gaza

Gedung kantor media internasional Al Jazeera asal Qatar dan Associated Press asal Amerika Serikat di Jalur Gaza runtuh dibom Israel.

28 Pemudik ke Jateng Positif Covid-19

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus mengimbau masyarakat Jateng di perantauan untuk tidak mudik Lebaran 2021 demi mencegah Covid-19.

1,5 Juta Orang Bakal Balik ke Jabodetabek

Sebanyak 1,5 juta orang diperkirakan bakal berkendara memasuki wilayah Jabodetabek selama periode arus balik mudik Lebaran 2021.

Kapal Penangkap Ikan Indonesia Kecelakaan di Samudera Hindia

Kementerian Luar Negeri menginformasikan adanya kapal penangkap ikan bernama KM Bandar Nelayan 188 yang kecelakaan mengalami kebocoran di Samudera Hindia.

Ini Nama-Nama Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali

Sebanyak sembilan orang menjadi korban perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali, Sabtu (15/5/2021) siang WIB. Sementara 11 orang lainnya dinyatakan selamat.

Mau Bikin Video Klip Tema Alam? Cek Dulu Sekipan

Mau bikin video klip tema alam? Anda bisa cek ke Sekipan, Tawangmangu.

Pemboman Israel Hancurkan Gedung Pusat Media di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Sabtu (15/5/2021) menghancurkan sebuah gedung tempat sejumlah media internasional seperti Aljazeera dan Associated Press berkantor.

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.