Google Kembangkan Mesin Pencari Khusus Peneliti

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Mesin pencarian Google menjadi andalan bagi hampir semua orang untuk mencari informasi tentang sesuatu. Mesin pencari ini tentu menjadi sahabat karib para peneliti, junalis, akademisi, dan siapapun yang membutuhkan data untuk memudahkan penelitian. Guna memudahkan pengguna, Google meluncurkan fitur baru bernama Dataset Research.

Google Dataset Research berfungsi memudahkan seseorang berselancar menelusuri data di dunia maya. Fitur baru tersebut mendukung Google Scholar yang selama ini dipakai para akademisi untuk mencari referensi. Sama dengan Google Scolar, Dataset Research bakal menampilkan semua data yang dibutuhkan dengan cara mengetikkan kata kunci tertentu.

Dikutip dari The Verge, Jumat (7/9/2018), Google Dataset Research ini menyerupai perpustakan digital. Semua data tentang jurnal maupun hasil pernelitian ilmiah lain yang berada di dunia maya akan tampil saat Anda mengetikkan kata kunci tertentu. Sementara bagi peneliti yang ingin mempublikasikan data secara online harus menyertakan meta-data di sebuah situs.

Meta-data tersebut berisi informasi tentang siapa yang membuat penelitian, kapan dipublikasikan, serta bagaimana metode pengumpulan data yang dilakukan. Informasi tersebut bakal diindeks oleh mesin pencari Google dan digabungkan dengan yang berasal dari gudang data, Knowledge Graph. Jadi, pengguna Google bakal semakin mudah menemukan referensi yang diinginkan untuk penelitian mereka.

Dataset Research ini diklaim mempermudah pencarian data dari puluhan ribu repositori (tempat penyimpanan). Meski demikian, masih ada beberapa pengguna yang mengeluh kesulitan mencari data yang dibutuhkan di Google. Mereka berharap Google mendesain fitur terbaru itu dengan baik guna memudahkan para pencari informasi yang berhubungan dengan penelitian.

Berita Terkait

Berita Terkini

Sebelum Terbakar, Pasar Janglot Sragen Pernah Hampir Direvitalisasi

Pasar Janglot, Tangen, Sragen, yang terbakar pada Sabtu malam hingga Minggu dini hari pernah hampir direvitalisasi beberapa tahun lalu.

Liga 2 Sukses Digelar di Solo, Menpora: Manahan Stadion Piala Dunia

Liga 2 Indonesia secara resmi dibuka di Stadion Manahan, Solo, lewat laga pembuka antara Persis Solo melawan AHHA PS Pati yang dimenangkan Persis Solo 2-0.

Ternyata, Aspal Sirkuit Mandalika Lebih Baik Dibanding Sepang Malaysia

Salah satu keunggulan yang menonjol dari Sirkuit Mandalika adalah kualitas aspalnya. Aspal yang digunakan merupakan jenis SMA.

Ijazah Jaksa Agung Simpang Siur, Yang Benar Lulusan Mana?

Versi terbaru Kapuspenkum Kejagung, Burhanuddin lulus S1 di Universitas 17 Agustus Semarang.

Sudah Ada PJU, Warga Karangasem Sukoharjo Tak Perlu Takut Keluar Malam

Belasan lampu PJU bertenaga surya kini menerangi jalan Desa Karangasem, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, bantuan dari Kementerian ESDM.

Pertandingan Pembuka Liga 2 di Stadion Manahan Solo Dijaga 350 Polisi

Pertandingan pembuka kejuaraan sepak bola Liga 2 di Stadion Manahan Solo, Minggu sore, dijaga ratusan aparat kepolisian.

Eks Elite FPI Dirikan Perisai Bangsa, Tonton G30S/PKI

Ormas Perisai Bangsa diinisiasi Habib Umar Al Athos yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Organisasi FPI Surabaya.

Urai Sampah Dibantu Lalat Bisa Hasilkan Cuan Belasan Juta Sebulan

Urai sampah dengan bantuan lalat bisa hasilkan cuan celasan juta rupiah sebulan.

Piala Sudirman 2021: Anthony Ginting Bawa Indonesia Ungguli Rusia

Tim Indonesia menghadapi Tim Rusia pada laga perdana Grup C Piala Sudirman 2021. Indonesia menurunkan Anthony Sinisuka Ginting pada pertandingan pertama.

LIVE Persis Solo Vs AHHA PS Pati: Laga Berakhir, Persis Menang 2-0!

Persis Solo menantang PSG Pati atau dikenal dengan nama AHHA PS Pati pada laga pembuka Liga 2 musim ini.

Keunggulan Sirkuit Mandalika Kalahkan Sirkuit Sepang Malaysia

Lintasan utama sirkuit menggunakan teknologi aspal terbaru

Brankas Berisi Rp300 Juta Selamat dari Kebakaran Pasar Janglot Sragen

Brankas berisi uang Rp300 juta selamat dari kebakaran Pasar Janglot, Tangen, Sragen, yang menghanguskan puluhan kios dan los.

Keterlaluan! Dicat Silver, Bayi 10 Bulan Diekploitasi untuk Mengamen

Seorang bayi berusia 10 bulan dieksploitasi untuk mengamen dengan dilumuri cat silver.

Rumah Difabel Meong Kampanye Adopsi Kucing Jalanan di Kota Solo

Bertambahnya populasi kucing jalanan selama pandemi Covid-19

Duh! Pemotor Maling Celana Dalam Wanita, Netizen Malah Salahkan Pemilik

Si pelaku yang mengendarai motor jenis matic dan mengenakan helm menarik celana dalam wanita yang dijemur di depan rumah.