SOLOPOS.COM - Ilustrasi AI dari DeepMind Google. (Istimewa)

AI bikinan Google diklaim yang terbaik saat ini.

Solopos.com, NEW YORK – Google menggebrak dengan kecerdasan buatan (AI) bernama WaveNet. AI ini diklaim memiliki tingkat kecerdasan yang lebih baik dari AI sebelumnya yang pernah dibuat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tim khusus Google, DeepMind, mengembangkan jaringan neural di AI WaveNet. Sebelumnya, tim yang sama pernah membangun AlphaGO, AI yang mengalahkan salah satu pemain GO terbaik.

Ekspedisi Mudik 2024

Saat ini, developer menggunakan dua metode untuk menciptakan program berbicara. Salah satu metode akan melibatkan koleksi yang besar dari kata-kata dan fragmen pengucapan dari satu orang. Itulah yang membuat suara robot terdengar manipulatif. Yang lain adalah suara elektronik, tergantung bagaimana mereka harus bersuara. Sayangnya suara ini masih terdengar kaku.

Untuk membuat suara mirip manusia, tim ini memberi “makan” AI dengan jaringan audio mentah yang direkam dari speaker manusia. Audio itu berbentuk gelombang yang merupakan perwakilan dari bentuk suara.

WaveNet berbicara dengan membentuk gelombang suara individual. AI ini di masa depan juga akan bisa membuat musik sendiri karena tim juga mencekokinya dengan musik klasik.

Jika digunakan dalam program teks ke ucapan, WaveNet akan mengubah teks yang Anda ketik berupa fonem dan suku kata kemudian dibacakan dengan suara. Hasilnya, suara yang keluar dari AI ini lebih natural.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya