Tutup Iklan

GOOGLE : Inilah Cara mengetahui Apakah Anda Menjadi Target Iklan Google

 Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

 
Harianjogja.com, JAKARTA — Ketika menggunakan Google, para pengguna internet membuat sebuah kesepakatan. Pasalnya saat menggunakan Gmail, layanan pencarian, YouTube, dan Maps secara gratis, sebagai gantinya Anda telah setuju berbagi informasi yang akan dijual kepada pengiklan.

Liputan6.com yang melansir Laman Business Insider, Senin (17/11/2014) melaporkan, bahwa semakin banyak informasi yang diketahui Google tentang Anda, maka semakin besar peluang Google menyesuaikannya dengan target konsumen ideal bagi pengiklan. Pengiklan bersedia membayar lebih tinggi agar iklan mereka menyasar konsumen yang tepat.

Sebagai contoh, maskapai penerbangan sebagai pengiklan ingin agar iklan mereka dilihat oleh orang-orang yang menyukai travel. Contoh lainnya, orangtua akan menjadi target dari penjual baju anak-anak.

Google menggunakan banyak metode untuk mempelajari para pengguna layanannya, seperti Gmail, Maps, atau melalui dari ponsel Android untuk mengetahui nama, nomor telepon, lokasi, dan berbagai hal lainnya. Google juga menyimpulkan informasi tentang Anda dengan melihat aktivitas pencarian internet, seperti apa yang dicari dan di-klik.

Dengan melihat sebuah situs bernama ‘Ads Settings’, Anda bisa melihat apa yang Google tahu tentang Anda. Bukan perkara mudah untuk menemukan Ads Settings.

Pertama, Anda bisa meng-klik link atau mengetik link ini: https://www.google.com/settings/. Kemudian klik ‘Account history’.

Setelah itu Anda akan melihat beberapa kolom seperti ‘Things you search for’ dan ‘Places you’ve been’. Kemudian di kolom ‘Related settings’, terdapat keterangan ‘Ads’ dan Anda bisa meng-klik ‘Edit settings’ yang ada di sampingnya.

Setelah itu akan muncul laman ‘Ads Settings’, yang menunjukkan sejumlah informasi yang diberikan Google kepada para pengiklan. Informasi itu antara lain jenis kelamin, umur, dan ketertarikan Anda yang berasal dari aktivitas di layanan Google.

Jika Anda tidak ingin menjadi target pengiklan, maka Anda bisa mengedit informasi tersebut. Selain itu, juga terdapat pilihan ‘Opt out’, agar tidak akan menjadi target pengiklan berdasarkan aktivitas Anda di layanan Google.


Berita Terkait

Berita Terkini

Seleksi Duta Antikorupsi, Puluhan Pelajar Klaten Bikin Makalah Soal Ini

Seleksi terhadap puluhan pelajar kali ini merupakan rangkaian pemilihan duta pelajar antikorupsi yang diselenggarakan IPPK Klaten dan Exclusive Kingdom Klaten.

Pasoepati Ganti Pot Rusak di Jl Solo-Jogja di Klaten, Ini Foto-Fotonya

Polisi berharap kejadian perusakan pot bunga serupa tak terulang kembali di waktu mendatang

WhatsApp Siapkan 5 Fitur Baru yang Segera Dirilis, Apa Saja?

WhatsApp juga sedang berupaya memperkenalkan editor foto dalam aplikasi yang memungkinkan pengguna menambahkan stiker dan teks, memotong dan memutar foto.

Daftar Pemenang SCTV Awards 2021, Lengkap dengan Nominasinya

Ini dia daftar pemenang lengkap dengan nominasinya SCTV Award 2021 yang baru saja digelar pada Jumat, 27 November 2021.

BMKG: Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Berpotensi Landa Jateng

BMKG juga memprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat turun di sebagian besar wilayah Indonesia pada Sabtu.

Geger Pria Asal Bekasi Ditemukan Meninggal Dunia di Masjid Laweyan Solo

Pihak kepolisian menyatakan berdasarkan dugaan sementara, almarhum Sukirman meninggal karena sakit.

Beredar Surat Undangan Seleksi Persis Muda GR, Begini Respons Kaesang

Bos Persis Solo, Kaesang Pangarep, menanggapi beredarnya surat undangan seleksi pemain untuk Piala Soeratin 2021 dari Manajemen Persis Muda GR.

Minyak Goreng dan Telur Ayam Ras Sumbang Inflasi November 2021

BI akan menempuh langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia.

5 Weton Wanita Pemarah dan Pemalas, Salah Satunya Senin Wage

Berdasarkan perhitungan weton dalam Primbon Jawa, kita ternyata dapat menilai sifat pemarah dan pemalas dari seorang wanita.

Doa Agar Menjadi Orang yang Sukses, Jangan Lupa Dibaca ya!

Berikut ini terdapat doa agar menjadi orang yang diberikan kesuksesan menurut ajaran Islam. Jangan lupa dibaca dan diamalkan ya!

Minat Baca Memuaskan, Solo Butuh Rumah Baca Berbasis RW

Hasil survei Disarpus Kota Solo menunjukkan indeks minat baca dan indeks kegemaran membaca warga Kota Solo 74,54 dan 79,37.

10 Berita Terpopuler : Wong Klaten Meninggal Tersetrum - Sosok Kahiyang

Wong Klaten meninggal tersetrum menjadi berita terpopuler di Solopos.com Sabtu pagi ini.

Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (27/11/2021), Ini Film yang Tayang

Berikut ini jadwal bioskop XXI hari ini, Sabtu, 27 November 2021 di Kota Solo dan beberapa kota lainnya. Banyak film seru!

Solo Optimalkan Medsos untuk Promosi Wisata

Promosi pariwisata Solo berbasis sosial media akan dilakukan dengan melibatkan seluruh stakeholder pariwisata.

Lirik Lagu Rungokno Aku - Ndarboy Genk feat Denny Caknan

Berikut ini lirik lagu Rungokno Aku dari Ndarboy Genk feat Denny Caknan, yang telah tayang pada Jumat, 26 November 2021 di Youtube.