GOOGLE DOODLE : Peringati Kelahiran Inge Lehmann

GOOGLE DOODLE : Peringati Kelahiran Inge Lehmann

SOLOPOS.COM - Google doodle peringati hari kelahiran Inge Lehmann (Google.com)

Google Doodle memperingati hari kelahiran seismolog Denmark Inge Lehmann.

Solopos.com, SOLO — Inge Lehmann menjadi salah satu tokoh dunia sains yang kelahirannya diperingati mesin pencari Google Doodle, Rabu (13/5/2015).

Ilmuwan wanita asal Denmark, Inge Lehmann, lahir di Copenhagen 13 Mei 1888 dan meninggal pada 21 Februari 1993 saat ia berusia 104 tahun. Namun ada sumber yang menyatakan Lehmann meninggal di usia 105 tahun.

Terlepas dari perbedaan usia meninggal Lehmann, ia telah menorehkan prestasi di masa hidupnya. Lehmann menjadi seismolog pertama yang mengungkap tentang inti bumi.

Sebagaimana Solopos.com himpun dari pelbagai sumber, Lehmann memberanikan diri melakukan penelitian tentang gempa, saat terjadi lindu hebat pada 1929 di wilayah sekitar Selandia Baru. Melalui penelitiannya tersebut Lehmann menelurkan teori tentang getaran yang berasal dari inti bumi.

Sebagaimana dilansir Independent, Rabu, Lehmann menempuh pendidikan yang tidak biasa. Saat masih gadis, Lehmann bersekolah di sekolah campuran. Sementara, ketika itu umumnya gadis bersekolah di sekolah khusus wanita.

Lehmann merampungkan pendidikan di University of Copenhagen, University of Cambridge dalam bidang Seismologi dan Geofisika. Lehmann juga tercatat pernah bekerja di Institutions      Geodetical Institute of Denmark.

Pada 1980, Lehmann mengungkapkan pendapatnya tentang tingkat kecerdasan antara wanita dan pria. Ketika itu Lehmann berpendapat bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan.

"Tidak ada perbedaan antara kecerdasan anak laki-laki dan perempuan, namun faktanya ada beberapa hal yang mengecewakan ketika saya sadari bahwa ini bukan pemikiran umum,” kata Lehmann.

Pemikiran kritis Lehmann dan kegigihannya dalam mengungkap fakta inti bumi, mengantarkan Lehmann mendapat medali William Bowie pada tahun 1971.  Medali tersebut merupakan penghargaan tertinggi dari American Geophysical Union.

Berita Terkait

Berita Terkini

Hasil Lengkap Kualifikasi Moto GP Prancis: Quartararo Terdepan

Fabio Quartararo menjadi yang terdepan diikuti Maverick Vinales dalam hasil kualifikasi Moto GP Prancis pada Sabtu (15/5/2021).

Klaster Sangon Kulonprogo Tambah 45 Kasus Baru, Total Menjadi 107

Klaster sangon di Kabupaten Kulonprogo terus mengalami penambahan kasus positif. Ada tambahan 45 kasus baru sehingga total jadi 107 kasus.

DK PBB Segera Bahas Palestina, Indonesia Pesan ke 3 Negara

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengirimkan pesan kepada menlu tiga negara terkait Palestina menjelang rapat Dewan Keamanan PBB.

Kapolda Jateng: Balik Ke Jakarta Wajib Bawa Hasil Swab dan Surat Izin

Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol. Ahmad Luthfi meminta masyarakat yang hendak balik ke Jakarta membawa hasil uji swab dari fasilitas kesehatan lokal.

Israel Runtuhkan Kantor Al Jazeera & AP di Gaza

Gedung kantor media internasional Al Jazeera asal Qatar dan Associated Press asal Amerika Serikat di Jalur Gaza runtuh dibom Israel.

28 Pemudik ke Jateng Positif Covid-19

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus mengimbau masyarakat Jateng di perantauan untuk tidak mudik Lebaran 2021 demi mencegah Covid-19.

1,5 Juta Orang Bakal Balik ke Jabodetabek

Sebanyak 1,5 juta orang diperkirakan bakal berkendara memasuki wilayah Jabodetabek selama periode arus balik mudik Lebaran 2021.

Kapal Penangkap Ikan Indonesia Kecelakaan di Samudera Hindia

Kementerian Luar Negeri menginformasikan adanya kapal penangkap ikan bernama KM Bandar Nelayan 188 yang kecelakaan mengalami kebocoran di Samudera Hindia.

Ini Nama-Nama Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali

Sebanyak sembilan orang menjadi korban perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali, Sabtu (15/5/2021) siang WIB. Sementara 11 orang lainnya dinyatakan selamat.

Mau Bikin Video Klip Tema Alam? Cek Dulu Sekipan

Mau bikin video klip tema alam? Anda bisa cek ke Sekipan, Tawangmangu.

Pemboman Israel Hancurkan Gedung Pusat Media di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Sabtu (15/5/2021) menghancurkan sebuah gedung tempat sejumlah media internasional seperti Aljazeera dan Associated Press berkantor.

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.