SOLOPOS.COM - Ilustrasi Mundaneum (Google.com)

Google Doodle kali ini menampilkan peringatan Hari Ulang Tahun Paul Otlet.

Solopos.com, SOLO — Mesin pencarian Google menampilkan ilustrasi penyimpan data dalam rangka memperingati usia ke-147 tahun Bapak Ilmu Informasi bernama Paul Otlet.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagaimana dilansir Mirror, Minggu (23/8/2015), Paul Otlet lahir pada 23 Agustus 1868 dan meninggal pada 10 Desember 1944, saat berusia sekitar 76 tahun.

Semasa hidup, Paul Otlet bersama rekannya Henri La Fontaine mendirikan sebuah lembaga yang disebut Mundaneum pada 1910.

Mundaneum ini lembaga yang sengaja didirikan Otlet dan Fontaine sebagai satu tempat penyimpanan data. Otlet dan Fontaine bertujuan mengumpulkan segala pengetahuan dunia dan mengemasnya agar bisa diakses oleh publik sebagai referensi ilmu pengetahuan. Ketika itu, sistem yang digunakan adalah Universal Decimal Classification.

Mundaneum ini kemudian dianggap sebagai tonggak sejarah pengumpulan data secara sistematis. Sebagian orang juga menyebut Mundaneum sebagai cikal bakal search engine Internet.

Maka tak heran jika Paul Otlet dikenang sebagai Bapak Ilmu Informasi lantaran upayanya dalam bidang dokumentasi ilmu pengetahuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya