SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pluto (Pluto.jhuapl.edu)

Google doodle hari ini mencatat salah satu hari bersejarah dalam dunia astronomi.

Solopos.com, SOLO — Mesin pencarian Google hari ini, Selasa (14/7/2015), memperingati salah satu hari penting dalam dunia astronomi.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Pasalnya, hari ini dicatat sebagai waktu ketika pesawat luar angkasa NASA, New Horizons, diperkirakan sejumlah ahli akan berada di posisi terdekat dengan Pluto.

Sebagaimana dilansir Pluto.jhuapl.edu, Minggu (12/7/2015), New Horizons diluncurkan NASA sejak sembilan tahun lalu, tepatnya pada 9 Januari 2006 lalu.

Dalam misi New Frontier ini, pesawat New Horizons mencetak sejarah baru lantaran dalam rentang waktu sembilan tahun, bisa melintasi beberapa planet, yaitu dari Bumi hingga Neptunus.

Kini, New Horizons yang digadang-gadang NASA sebagai pesawat luar angkasa tercepat itu segera melewati Pluto. New Horizons diperkirakan akan melintasi Pluto Selasa petang ini pada kecepatan 49.600 kilometer per jam.

Keberhasilan penjelajahan New Horizons juga menunjukkan beberapa temuan baru di Pluto. Salah satu riset para ahli astronomi lewat perjalanan New Horizons tersebut menemukan ukuran Pluto ternyata lebih besar dari yang sebelumnya pernah diperkirakan.

Berdasarkan perhitungan dari gambar Long Range Reconnaissance Imager (Lorri), Pluto memiliki diameter sekitar  2.370 kilometer lebih besar dari hitungan awal para ahli.

“Ukuran Pluto telah diperdebatkan sejak penemuannya pada tahun 1930. Kami sangat senang akhirnya pertanyaan ini terjawab,” kata ilmuwan Bill McKinnon, dari Washington University, St. Louis.

Sementara itu, dilansir BBC, kabarnya New Horizons juga berhasil mengambil foto bulan terbesar yang mengelilingi Pluto, yaitu Charon. Berdasarkan hasil foto tersebut, Charon tampak memiliki banyak kawah.

Google Doodle spesial New Horizons melintasi Pluto, Selasa (14/7/2015). (Google.com)

Google Doodle spesial New Horizons melintasi Pluto, Selasa (14/7/2015). (Google.com)

Dalam rangka memperingati perjalanan New Horizons di Pluto ini, Google Doodle menampilkan gambar animasi yang mengilustrasikan pesawat luar angkasa NASA tersebut sedang melintasi Pluto.

Pengguna Internet (netizen) cukup mengklik tombol “play” untuk menikmati gerakan lucu di animasi New Horizons tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya