Google Asisten Kini Dukung Bahasa Indonesia

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA - Google secara resmi telah membawa dukungan bahasa Indonesia ke dalam aplikasi Google Assistant mereka. Hal ini membuat masyarakat Indonesia bisa bercakap-cakap dengan Google Assistant menggunakan bahasa Indonesia.

Untuk menggunakan fitur ini, para pengguna diwajibkan untuk memperbarui aplikasi Google mereka. Selain itu, asisten berbahasa Indonesia ini minimal butuh Android 5.0 Lollipop atau iOS 9.1 untuk perangkat Apple.

Setelah itu, buka aplikasi ini baik dengan mengklik ikon Google atau dengan menekan tombol Home selama beberapa detik.

Jika pengaturan dari aplikasi ini masih berbahasa Inggris, pengguna bisa mengubahnya dengan mudah. Caranya tinggal buka menu Setting, lalu pilih menu Bahasa Penelusuran. Setelah itu pilih Bahasa Indonesia.

“Asisten Google dalam Bahasa Indonesia pertama kali diluncurkan di Allo pada Agustus 2017. Kini dengan hadirnya Asisten Google di jutaan smartphone di Indonesia, kami berharap Asisten Google akan memudahkan aktivitas pengguna,” ujar Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami dalam keterangan yang dilansir Okezone, Selasa (3/4/2018).

Penggunaan dari aplikasi terbaru ini pun ternyata sangat beragam. Bukan sekedar hanya mencari sesuatu dengan menggunakan suara saja, namun Google Assistant dapat melakukan beberapa perintah yang cukup spesifik.

“Kini, dengan hadirnya Asisten Google di jutaan smartphone di Indonesia, kami berharap Asisten Google akan memudahkan aktivitas para pengguna. Aktivitas tersebut mulai dari memasang alarm, menyetel pengingat, memutar musik di YouTube, mendapatkan petunjuk arah dari Google Maps dan lain-lain,” jelas Veronica.

Selain menerima perintah-perintah standar di atas, Google Assistant ternyata juga sudah terintegrasi ke beberapa aplikasi. Beberapa contohnya seperti game Tebak Gambar, membaca hot thread Kaskus, berbincang dengan Vira dari Bank BCA, hingga mendengar ayat Al-Quran dengan menggunakan aplikasi Al-Qolam.

Tak luput juga, para pengguna pun bisa menambahkan perintah spesifik lain yang dapat di konfigurasi secara manual.


Berita Terkait

Berita Terkini

Sidang Kasus Satai Beracun, Nani Kabari Ortu Racunnya Salah Sasaran

Orang tua Nani, Maman Sarman yang dihadirkan dalam sidang lanjutan menceritakan mengirimkan paket satai beracun kepada Aiptu Tomi Astanto tetapi salah sasaran.

Jadwal Persis Solo di Putaran Kedua, PSG Pati Jadi Lawan Pertama Lagi!

Kompetisi Liga 2 telah memasuki putaran kedua. Persis Solo yang berada di Grup C kembali akan memainkan laga di Stadion Manahan, Solo.

Kasus Diklat Menwa UNS Solo: 26 Saksi Diperiksa Polisi, Ada Tersangka?

Polisi sejauh ini sudah memeriksa 26 orang saksi dalam kasus dugaan kekerasaan berujung meninggalnya salah satu peserta Diklat Menwa UNS Solo.

Siap-Siap, Ini 36 Daftar Agenda Seni dan Budaya di Klaten 2021

Daftar 36 agenda seni dan budaya akan digelar di Klaten hingga Desember mendatang.

IEMS 2021, Ajang Pamer Kendaraan Listrik Terbesar di Indonesia

Soft launching pameran terbesar kendaraan listrik Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 resmi dilaksanakan di Gedung Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Rabu (27/10/2021).

Tanggul Sungai Jebol, Ratusan Rumah di Cilacap Diterjang Banjir Bandang

Ratusan rumah warga di tiga desa di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) diterjang banjir bandang akibat curah hujan tinggi yang sebabkan tanggul sungai jebol.

Tancap Gas, Wankes Klaten Gelar 36 Kegiatan Saat PPKM Level 2

Dewan Kesenian (Wankes) Klaten langsung tancap gas menggelar 36 event/kegiatan seni dan budaya di Klaten di tengah PPKM Level 2.

Ini Permintaan Kadin kepada Buruh terkait Tuntutan Kenaikan UMR 2022

Formulasi penetapan UMP/UMR sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan sebagai turunan Undang Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Rawa Pening Dikaitkan dengan Gempa Ambarawa, Cek Faktanya

Gempa yang terjadi di Salatiga, Banyubiru dan Ambarawa pada 23 Oktober 2021 menimbulkan pertanyaan besar yang mengkaitkan bencana tersebut dengan aktivitas vulkanik di Rawa Pening.

Stres Akibat Pandemi Bikin Generasi Milenial Sulit Ambil Keputusan

Ada hampir 50 persen dari 3.000 responden orang dewasa yang terlibat dalam survei tentang stres akibat pandemi Covid-19 ini.

Protes Kematian Anjing Canon Kembali Mengalir dari Solo

Protes atas kematian seekor anjing di Pulau Banyak, Aceh Singkil, setelah ditangkap Satpol PP terus mengalir dari Kota Solo.

Undip Tambah 4 Guru Besar, Siapa Saja?

Universitas Diponegoro atau Undip Semarang menambah daftar guru besar di kala peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Mahasiswa ITNY Petakan Jaringan Wifi Desa Gendayakan, Wonogiri

Melalui pemberdayaan organisasi mahasiswa, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) mengangkat program membangun desa yang dikemas dalam KKN Tematik

Ini Penyebab Gempa Swarm di Ambarawa Semarang Sepekan Terakhir

Rentetan gempa swarm yang terjadi di wilayah Ambarawa, Banyubiru, serta Salatiga selama sepekan belakangan terjadi akibat aktivitas tiga sesar aktif.

Ikatan Cinta 28 Oktober 2021: Irvan Akan Bikin Hidup Elsa Menderita

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Kamis, 28 Oktober 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Biaya Tak Terduga Rp110 Miliar Kota Solo Baru Terserap Rp60 Miliar

Terkendalinya pandemi Covid-19 membuat anggaran BTT dalam APBD 2021 Kota Solo senilai Rp110 miliar baru terserap Rp60 miliar.