Gibran Rakabuming Raka bertemu Megawati Soekarnoputri, Kamis (24/10/2019). (Detik.com)

Solopos.com, SOLO -- Partai Golkar Jateng berharap DPP PDIP memberikan rekomendasi kepada Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wali kota (cawali) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Solo 2020.

Jika itu terjadi, Partai Golkar kemungkinan akan bergabung dengan PDIP pada Pilkada Solo. Hal tersebut dilontarkan Ketua Harian DPD Partai Golkar Jateng, Iqbal Wibisono, saat dihubungi Solopos.com melalui ponsel, Rabu (6/11/2019) malam.

"Dalam politik semua kemungkinan bisa terjadi. Kami berharap rekomendasi ke Gibran tidak terlalu dekat dengan waktu pendaftaran calon di KPU," terang dia.

Pilkada Solo: Gibran Siap Dipasangkan dengan Purnomo, Jadi Cawawali?

Iqbal mengakui sebelumnya pernah menyatakan Golkar siap mengusung Gibran Rakabuming Raka bila terlempar dari perebutan rekomendasi cawali Solo di PDIP.

Golkar yang hanya berkekuatan tiga kursi di DPRD Solo siap menggalang dukungan parpol lain seperti Partai Gerindra, PAN, PKS, dan PSI. Dengan begitu syarat minimal sembilan kursi parlemen terpenuhi.

"Tapi kan nyatanya Gibran tetap menunggu keputusan resmi dari PDIP. Kami berharap dia mendapat rekomendasi itu. Bila yang direkomendasikan Gibran, kami akan minta petunjuk ke DPP Golkar harus bersikap seperti apa. Kalau internal Golkar sendiri kami belum melihat ke sana. Kami hanya tiga kursi kan di parlemen Solo," imbuh dia.

Pakar: Ipar Seno Gede Calon Kuat Pendamping Gibran Rakabuming

Sembari menunggu proses internal di PDIP, menurut Iqbal, Partai Golkar terus membangun komunikasi politik dengan partai-partai lain. Tapi dia mengakui belum ada kesepakatan politik apa pun termasuk siapa figur yang akan diusung.

Disinggung nama Evandra R.P. Subagyo, Iqbal mengakui yang bersangkutan merupakan kader Golkar. Tapi dia tak bicara banyak tentang Evandra. "Kalau saya sih belum. Tapi dia memang kader kami. Kemarin nyaleg," urai dia.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten