SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Para pemain Indonesia meluapkan kegembiraan setelah Andik Vermansah menciptakan gol ke gawang Singapura pada laga penyisihan Grup B Piala AFF di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Rabu (28/11/2012). Dalam laga ini, Indonesia sukses mengalahkan Singapura 1-0. JIBI/SOLOPOS/Reuters

KUALA LUMPUR—Timnas Indonesia memenuhi ekspektasinya meraih poin penuh di laga kedua Grup B AFF Suzuki Cup 2012. Melawan 10 pemain Singapura, Indonesia meraih kemenangan melalui gol semata wayang Andik Vermansah.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Dalam bentrokan di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Rabu (28/11/2012), Andik mencetak gol pada menit ke-87. Gol diciptakan penyerang milik Persebaya ini melalui tendangan bebas dari luar kotak penalti.

Semula, Indonesia tampil penuh dengan tekanan Sejak babak pertama dimulai, Singapura terus menciptakan peluang yang merepotkan barisan pertahanan Indonesia.

Meski demikian, Indonesia tak tinggal diam. Sesekali skuat Garuda, julukan Indonesia, melakukan serangan via counter attack.

Di babak kedua, Indonesia yang melabeli laga kontra Singapura sebagai wajib menang lebih berani menyerang. Beberapa pemain bertipikal menyerang, seperti Andik Vermansah dimasukkan untuk mengganti Elie Aboy.

Selain, Andik, Bambang Pamungkas juga diturunkan untuk menggantikan Rahmat yang terlihat kurang eksplosif di ujung tombak.

Alhasil, Indonesia mampu menciptakan peluang lebih banyak, meski belum mampu menghentikan determinasi Singapura.

Pada menit ke-65, Indonesia mendapat keuntungan. Singapura harus bermain dengan 1O pemain menyusul dikartumerahnya, Mohammad Irwan Shah karena mengganjal Andik.

Kehilanggan satu pemain, Singapura mulai menggendor. Alhasil Garuda mampu mencuri keunggulan dari Si Singa, julukan Singapura.

Kemenangan atas Singapura ini menjadi sejarah baru bagi skuat Indonesia di ajang AFF. Maklum dari lima pertemuan di ajang dua tahunan Asia Tenggara ini, Indonesia belum pernah sekalipun mengalahkan Singapura.

Selain itu, berkat hasil ini Indonesia langsung melejit ke posisi puncak Grup B. Skuat besutan Nil Maizar ini kini mengantongi nilai empat hasil dari sekali seri dan sekali menang.

Sedang, Singapura harus turun satu peringkat ke posisi dua dengan torehan tiga poin. Disusul Laos dan Malaysia yang baru menjalani laga malam ini.

Susunan Pemain
Indonesia: Wahyu Tri, Raphael Maitimo, Novan Setya, Fachruddin, Wahyu Wiji Astanto, Taufiq, Elie Aiboy (Andik Vermansah 46′), Irfan Bachdim, Vendry Mofu, Okto Maniani (Rasyid Bakrie 76′), Rachmat Syamsuddin Leo (Bambang Pamungkas 56′).

Singapura: Mohamad Izwan Mahbud, Baihakki Khaizan, Shi Jiayi, Shahdan Sulaiman, Hariss Harun (Aleksandar Duric 39′), Mustafic Fahruddin, Daniel Bennett, Mohd Shahril Ishak, Mohd Khairul Amri (Qiu Li 76′), Muhammad Irwan Shah (Kartu Merah 65’), Muhammad Safuwan Baharudin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya