SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOHANNESBURG–Maicon tampak sangat emosional seusai berhasil menjebol gawang Korea Utara (Korut). Wajar saja, karena itulah gol dari penampilan pertama pemain Brazil berkepala pelontos tersebut di ajang Piala Dunia.

Selama 45 menit pertama menghadapi Korut, Rabu (16/6) dini hari WIB, Tim Samba Brazil tak kunjung berhasil membongkar pertahanan Chollima, julukan Korut. Kedua tim pun harus berbagi skor 0-0 hingga turun minum.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Situasi buntu akhirnya berubah juga pada menit 55. Diawali dengan umpan terobosan Elano, Maicon yang berposisi bek kanan dan terbiasa ikut melakukan penyerangan datang menyambut umpan.

Tanpa ada rekan dalam posisi menjanjikan, Maicon lantas berlari terus ke arah kiri gawang dari posisi kiper Ri Myong-guk. Tepat sebelum garis tepi lapangan, pemain Inter Milan itu menyepak bola ke arah gawang.

Sepakan Maicon nyaris seperti umpan sejajar menyusur tanah, mengecoh Ri Myong-guk yang telanjur bergerak maju. Jabulani hasil sepakan Maicon kemudian melaju deras tak bisa dihalau kiper dan berbelok di udara untuk melengkung menuju gawang.

Dahsyat! Gol pun dicetak Maicon dari sudut yang amat sangat sempit, karena posisinya praktis sejajar kiper lawan. Itu sungguh-sungguh gol sulit yang bisa disejajarkan dengan gol legendaris Marco van Basten di Piala Eropa 1988.

Gol itu tak ayal disambut ledakan selebrasi Tim Samba. Rekan-rekan Maicon mengerubungi si pencetak gol, sementara air muka Maicon sendiri terlihat disarati emosi.

“Saya tiba-tiba memikirkan segala macam hal yang harus saya lalui untuk sampai di momentum ini,” cetus pemain berusia 28 tahun itu di Reuters, Rabu. Memulai karir sepak bola profesional bersama Cruzeiro pada 2001, pria bernama lengkap Maicon Douglas Sisenando ini sempat membela AS Monaco.

Pada 2006, Maicon akhirnya berlabuh di Inter Milan. Di level Timnas, Maicon menjalani debut untuk tim senior pada 13 Juli 2003, nyaris genap tujuh tahun lalu. Namun, baru kali inilah dia bisa tampil untuk Brazil di Piala Dunia karena empat tahun lalu dia kalah bersaing dengan Cicinho.

Boleh jadi, ledakan emosi itulah yang membuatnya sampai seperti ingin menahan tangis seusai bikin gol. “Itu gol partai Piala Dunia pertama saya. Saya tidak menangis kok, tapi saya sangat senang dengan gol yang saya cetak,” ceplos Maicon.

Kegembiraan Maicon pada akhirnya semakin lengkap setelah Brazil meraih kemenangan 2-1, melengkapi kebahagiaan Maicon akan gol perdananya di ajang Piala Dunia.

JIBI/SOLOPOS/dtc

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya