SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Membawa pulang oleh-oleh setiap kali pulang pengajian atau kondangan merupakan hal biasa. Hal tersebut menjadi salah satu budaya yang masih terus dilestarikan masyarakat Indonesia. Biasanya, oleh-oleh tersebut berisi makanan atau perlengkapan salat.

Namun, oleh-oleh dari suatu pengajian yang dilaksanakan di Madura terbilang sangat unik. Dalam video viral yang dibagikan pengelola akun gosip Instagram @lambe_turah, Jumat (14/12/2018), terlihat sekelompok orang mengangkut galon berisi air sepulang pengajian.

Promosi Keren! BRI Raih Enam Penghargaan di PR Indonesia Awards 2024

Bukan tanpa alasan, galon berisi air minum tersebut sengaja dibagikan sebagai oleh-oleh untuk jemaah pengajian. Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, pengajian tersebut digelar oleh pasangan suami istri asal Madura untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad pada 20 November 2018 lalu. Selain galon berisi air, jemaah pengajian juga membawa pulang oleh-oleh sekotak makanan.

Video viral tersebut menuai beragam komentar dari warganet. Mereka merasa heran melihat kejadian unik tersebut. Sebab, hal tersebut bukanlah yang lazim dilakukan masyarakat Indonesia. “Tamunya pada haus kali ya. Minumnya enggak cukup yang pakai gelas,” komentar @donnaishalklein.

“Oh, ini di desaku, Pangarengan Kabupaten Sampang, Madura. Tepatnya di dusun apaan. Acara maulid nabi, memang anti-mainstream di sini,” sambung @putramaheza029.

“Kalau menurut aku sih ini selawatan dan berdoa bersama. Jadi, ketika berdoa dan berselawat, maka molekul-molekul air di dalam galon tersebut menyerap doa yang dilantunkan. Karena air adalah zat yang paling mudah untuk mediasi apapun. Makanya pada bawa galon. Jadi bisa dibawa pulang dan diminum orang banyak biar berkah,” lanjut @incezbee menimpali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya