Gokil Men! Mitsubishi Bakal Bikin Kapal Tanpa Awak
Ilustrasi kapal laut. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Teknologi pesawat tanpa awak atau drone sudah lazim ditemui sekarang ini. Namun permnahkah Anda membayangkan ada kapal tanpa awak?

Mitsubishi Shipbuilding Co Ltd berencana akan memproduksi kapal feri tanpa kru berukuran besar. Upaya itu dilakukan Mitsubishi dengan menggandeng sejumlah perusahaan yang tergabung dalam Shin Nihonkai Ferry.

Dikutip dari Detik.com, Senin (15/6/2020), rogram pengembangan proyek percontohan kapal laut tanpa kru manusia itu mendapat dukungan dana dari Nippon Foundation. Di masa depan, Mitsubishi Shipbuilding akan mengembangkan sistem dan teknologi yang memungkinkan kapal bisa beroperasi tanpa kru.

Mengungkap Manuskrip Lampung, Kisah Penyebaran Islam di Ujung Timur Sumatera

Sebagai langkah uji coba, kapal tanpa awak ini terlebih dahulu akan dites di rute domestik. Dalam uji coba ini, Mitsubishi Shipbuilding diberi mandat untuk mengembangkan dan memasang sistem baru pada kapal feri ukuran besar dan berkecepatan tinggi, yang dibangun di galangan Mitsubishi Heavy Industries Nagasaki Shipyard.

Mitsubishi akan menyuplai teknologi kontrol jarak jauh yang akan diaplikasikan ke ruang mesin kapal. Sementara untuk dukungan terkait teknologi tanpa awak, akan dilakukan bersama dengan perguruan tinggi dan perusahaan bidang IT.

Neraca Perdagangan Mei Surplus Tapi Tidak Menggembirakan, Kenapa?

Sejak 1990-an, Mitsubishi Shipbuilding telah mengembangkan sistem otomasi kapal untuk dukungan navigasi dan dukungan operasional kapal kargo.

Uji coba kapal tanpa awak ini akan dilakukan dalam rentang waktu satu tahun. Mulai akhir Juni 2021 hingga Mei 2022.

Sumber: Detikcom


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho