SOLOPOS.COM - Diskusi publik berjudul Berinteraksi di Platform Digital dengan Aman dan Nyaman, bersama Gojek, di Gedung Auditorium Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol), Universitas Gadjah Mada (UGM), Kamis (12/3/2020). (Harianjogja.com/Siti Halida Fitriati)

Solopos.com, JOGJA — Gojek berkomitmen terhadap keamanan bagi seluruh pengguna dan mitra melalui inisiatif #AmanBersamaGojek. Melalui tiga pilar yaitu teknologi, proteksi dan edukasi, Gojek menghadirkan keamanan dan keselamatan bagi seluruh pengguna ekosistem Gojek.

Senior Manager Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Gojek, Ardhanti Nurwidya, menyatakan keamanan dan keselamatan merupakan prioritas utama perusahaannya. Hal itu dikatakannya dalam Diskusi Publik berjudul Berinteraksi di Platform Digital dengan Aman dan Nyaman di Gedung Auditorium Fisipol UGM, Kamis (12/3/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Komitmen terhadap keamanan dan keselamatan kami tunjukkan dengan pemanfaatan teknologi terkini dan tercanggih. Hal itu untuk memberikan rasa aman saat menggunakan aplikasi Gojek. Dua pekan lalu, kami telah meluncurkan Inisiatif #AmanBersamaGojek guna terus menunjukkan keseriusan kami,” kata Ardhanti.

Latihan Penanganan Pasien Corona, Karyawan RSUD Sragen Deg-Degan

Inisiatif Gojek tidak berhenti di dua pilar tersebut, perusahaan juga berinvestasi pada edukasi publik agar pelanggan dan mitra bisa mendapatkan manfaat paling optimal dari teknologi digital. Edukasi ini dilakukan melalui kolaborasi erat dengan pemerintah dan instansi akademik seperti Center for Digital Society (CfDS) UGM.

Ardhanti menambahkan Gojek telah memanfaatkan teknologi terkini dan canggih guna memastikan keamanan pengguna selama menggunakan aplikasi. Teknologi itu memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan, serta dioperasikan oleh tim keamanan digital kelas dunia.

Serangkaian teknologi yang diberi nama Gojek SHIELD tersebut akan memastikan keamanan dari sebelum memulai perjalanan, selama perjalanan, dan pada saat darurat. Fitur tersebut diantaranya, penyamaran nomor telepon baik pengguna maupun mitra driver, fitur bagikan perjalanan, serta tombol darurat yang terhubung dengan Customer Care dan Unit Darurat yang siaga 24/7 dan mengadopsi perspektif korban.

Cucu PB XII Ramaikan Pilkada Solo, Rudy: Ndak Ada yang Kulonuwun

Memanfaatkan machine learning, Gojek SHIELD mampu mencegah dan menindak setiap perilaku mencurigakan yang terjadi pada platform Gojek. Baru-baru ini, sindikat kriminal pelaku order fiktif di Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur yang bekerja menggunakan aplikasi Fake GPS dan aplikasi modifikasi bisa dideteksi.

Pilar Proteksi dan Edukasi

Deteksi dini yang dilakukan secara sistem itu kemudian bisa dijadikan bukti kepada pihak kepolisian. Lebih lanjut, Gojek juga telah menyiapkan berbagai langkah meminimalisir resiko di bawah pilar proteksi, mulai dari berbagai pelatihan hingga beragam jaminan perlindungan asuransi. Pelatihan yang diberikan meliputi pelatihan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), pelatihan anti-kekerasan seksual, serta keselamatan berkendara.

Sedangkan di sisi perlindungan asuransi, Gojek telah dilengkapi dengan asuransi perjalanan di GoCar dan GoRide bersama Jasa Raharja dan Allianz; asuransi kehilangan dan kerusakan barang untuk layanan logistik GoSend dan GoBox; serta asuransi layanan GoLife. Dalam waktu dekat, Gojek juga akan meluncurkan program Jaminan Saldo GoPay Kembali untuk melindungi pengguna dari transaksi yang tidak sah.

WHO Tetapkan Virus Corona Pandemi Global, Apa Maknanya?

Untuk pilar edukasi, Gojek bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI). Kerjasama ini bertujuan untuk memberikan edukasi publik tentang keamanan digital.

Pasalnya, menurut hasil riset CfDS UGM mengungkapkan banyak penipuan digital marak terjadi akibat rendahnya pemahaman pengguna akan keamanan digital. Salah satunya tentang pentingnya mengamankan informasi pribadi seperti kode One Time Password (OTP), dan pentingnya waspada penipuan berbasis rekayasa sosial atau manipulasi psikologis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya