SOLOPOS.COM - Penyaluran bantuan sembako untuk pekerja harian di Solo, Juni 2020. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Organisasi nirlaba yang didirikan Gojek bersama sejumlah publik figur, Yayasan Anak Bangsa Bisa, mendistribusikan bantuan sembako kepada para pekerja harian di Soloraya.

Publik figur yang bergabung dalam kampanye gerakan #SumbangSuara itu antara lain Slank, Luna Maya, Chef Arnold Poernomo, Kerenina Sunny, serta Giring Ganesha.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saat ini gerakan #SumbangSuara berhasil menyalurkan 10.000 lebih paket bantuan berupa sembako yang masing-masing bernilai Rp100.000. Bantuan tersebut diberikan kepada pekerja harian seperti pemulung sampah, pedagang asongan, ART harian, buruh cuci, dan penjaga parkir.

Solopos Hari Ini: Grojogan Sewu Dibuka Lagi

Menyasar Tenaga Harian di Indonesia

Target penerima bantuan adalah pekerja hadian yang terdampak Covid-19 di 17 kota di seluruh Indonesia. Belasan kota tersebut seperti Jakarta, Bandung, Medan, Depok, Tangerang, Bogor, Balikpapan, Manado, Palembang, dan Semarang.

Selain itu, Surabaya, Padang, Malang, Solo, Jogja, Makassar, dan Jayapura. Proses pembagian bantuan disalurkan oleh berbagai mitra lembaga swadaya masyarakat (LSM) resmi. Di kota Jogja, bantuan sembako disalurkan oleh Lazismu.

Ketua Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) Monica Oudang mengatakan semangat gotong royong merupakan nadi dari gerakan #SumbangSuara. Lantaran itu, mereka bergerak bersama berbagai elemen masyarakat seperti figur publik, LSM, dan tokoh masyarakat daerah setempat.

Coretan di Pedestrian Solo Ingatkan Warga Agar Jaga Jarak

“YABB berterima kasih untuk 53.000 lebih donatur yang turut menyumbangkan rezeki dan doa serta harapan mereka di platform kitabisa.com. Sehingga saat ini kita bisa meneruskan amanah mereka dalam bentuk bantuan sembako untuk para pekerja harian,” jelas dia dalam rilis yang diterima Solopos.com, Kamis (2/7/2020).

YABB juga berterima kasih kepada Lazismu yang telah menjadi mitra YABB dalam menyalurkan bantuan agar tepat sasaran bagi para pekerja harian, termasuk di Soloraya.

Ketua Lazismu DIY (juga membawahi Solo) Cahyono mengatakan Lazismu Solo senang dapat berkolaborasi dengan YABB dan dapat terlibat dalam gerakan #SumbangSuara.

Praktis! Bayar Tagihan Air PDAM Solo Bisa Pakai Dompet Digital, Begini Caranya

50 Paket Sembako di Pasarkliwon

“Gerakan ini penting karena tidak hanya langsung membantu para pekerja harian yang penghasilannya terdampak, tapi juga menimbulkan semangat dan optimisme baru. Kami hari ini membagikan 50 paket kepada para pekerja harian yang terdampak di daerah Kampung Mertodranan, Pasarkliwon, Solo,” jelas dia.

Musisi dan konten kreator yang turut ikut membagikan paket sembako Topiq Sudirman mengaku merasa tersentuh atas gerakan #SumbangSuara hasil kolaborasi Lazizmu dan YABB.

Nekat Berjualan Di Bahu Jalan, 50 PKL Jebres dan Pasar Kliwon Kena Semprit Satpol PP Solo

Mereka membagikan sembako kepada warga Pasar Kliwon yang terkena dampak pandemi Covid-19, tukang becak, dan warga berusia lanjut. “Semoga gerakan ini akan terus berlanjut sampai kapan pun karena tanpa gerakan seperti ini orang-orang tidak akan sadar bahwa kita manusia membutuhkan satu sama lain,” ujarnya.

Periode penggalangan dana #SumbangSuara untuk pekerja harian masih akan berlangsung hingga 12 Juli 2020. Masyarakat dapat berdonasi melalui situs Kitabisa (kitabisa.com/sumbangsuara) atau klik banner Sumbang Suara di aplikasi Gojek.

Dana yang terkumpul akan disalurkan dalam bentuk paket sembako senilai Rp100.000 yang akan dibagikan kepada kelompok pekerja harian di seluruh Indonesia. Gerakan ini juga mengajak masyarakat memberikan ucapan penyemangat untuk pekerja informal di halaman Kitabisa yang nantinya ditampilkan di aplikasi Gojek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya