Gojek dan AMSI Kembali Gelar Kompetisi KPAB Untuk Jurnalis

Gojek dan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) membangun semangat dan optimisme masyarakat di tengah pandemi melalui karya jurnalistik berkualitas.

 Logo AMSI. (Amsi.org)

SOLOPOS.COM - Logo AMSI. (Amsi.org)

Solopos.com, JAKARTA – Memasuki tahun kedua, Gojek kembali menggelar Kreasi Pewarta Anak Bangsa (KPAB). Yakni ajang penghargaan bagi jurnalis yang menghasilkan karya jurnalistik berkualitas, bermanfaat bagi masyarakat. Serta turut berkontribusi membangun ekonomi digital di Indonesia.

Ajang ini untuk pertama kalinya digelar pada 2020. KPAB tahun ini digelar mulai 27 September – 30 Oktober 2021, berkolaborasi dengan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI). Kompetisi ini bertujuan membangun semangat masyarakat di tengah pandemi, untuk produktif dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Program KPAB 2021 ini juga bagian dari perayaan 11 tahun Gojek, yang menandakan perjalanan untuk terus tumbuh bersama. Dan membuat perubahan positif, untuk masyarakat dan bangsa.

Baca juga: Puluhan Mahasiswa Jateng Belajar Literasi Berita Bareng AMSI

VP Corporate Communications Gojek sekaligus Ketua Penyelenggara Kreasi Pewarta Anak Bangsa, Audrey Progastama Petriny mengatakan, insan pers berkontribusi sangat besar dalam menginspirasi dan turut mencerdaskan bangsa melalui karya-karya jurnalistik. “Insan pers juga berperan besar dalam mendorong Gojek untuk selalu berinovasi guna mendukung masyarakat menjalankan protokol kesehatan dan tetap produktif meski kita masih berada di tengah pandemi,” jelas Petriny.

Melalui penyelenggaraan KPAB 2021, Gojek berharap semakin banyak karya-karya jurnalistik berkualitas. “Karya jurnalistik yang lahir untuk mengajak masyarakat tetap positif dan produktif di tengah pandemi. Ini sejalan dengan berbagai inovasi layanan yang dihadirkan oleh platform digital,” katanya.

AMSI menyambut baik kolaborasi ini. “Inisiatif ini sejalan dengan semangat kami untuk mendorong lahirnya lebih banyak karya-karya jurnalistik yang berkualitas. Kami berharap kompetisi ini dapat menggairahkan optimisme masyarakat. Agar tetap produktif selama pandemi tanpa mengabaikan protokol kesehatan,” ujar Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut.

Baca juga: Metafora Optimisme Menghadapai Zaman Sulit ala Anak Bajang

Gojek dan AMSI Ajak Jurnalis

Gojek dan AMSI mengundang jurnalis cetak dan online di nasional dan daerah untuk berpartisipasi mengirimkan karya terbaiknya. Tema utama KPAB 2021 adalah: “Layanan platform digital, andalan bangkit bersama hadapi pandemi”.

#BangkitBersama adalah gerakan yang diinisiasikan ekosistem GoTo, yang terdiri dari Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial. Untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia bersama-sama bangkit dari pandemi Covid-19.
Adapun teknologi dan layanan di GoTo mampu memberikan kontribusi sosial. Di samping berbagai solusi bagi pelanggan, para UMKM dan juga pekerja sektor informal. Sehingga dapat mendukung masyarakat luas untuk #BangkitBersama menghadapi pandemi ini.

Peserta adalah jurnalis yang bekerja di media di cakupan wilayah sebagai berikut:
a) Nasional & Jabodetabek
b) Sumatra: Medan, Palembang, Batam
c) Indonesia Timur: Makassar, Manado, Balikpapan Banjarmasin
d) Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta: Bandung, Semarang, Jogja raya, Solo
e) Jawa Timur, Bali: Surabaya, Malang, Bali

Baca juga: Masya Allah! Guru dan Siswa SD di Sidrap Bertaruh Nyawa ke Sekolah

Pemenang akan dipilih dari masing-masing wilayah tersebut.

Karya tulis yang dapat diikutsertakan dalam lomba adalah feature dengan batas karakter 2.000 – 5.000, yang dimuat di media cetak dan online mulai 1 September-30 Oktober 2021.

Kategori Kompetisi Gojek dan AMSI

Para pemenang untuk masing-masing kategori wilayah akan mendapatkan hadiah berupa:

Kategori Nasional & Jabodetabek
Panitia akan memilih 18 peraih penghargaan dengan rincian hadiah sebagai berikut:
*Juara 1 : Piagam penghargaan dan uang tunai Rp13 juta serta akses gratis GoPlay selama satu tahun
* Juara 2 : Piagam penghargaan dan uang tunai Rp10 juta serta akses gratis GoPlay selama enam bulan
* Juara 3 : Piagam penghargaan dan uang tunai Rp8 juta serta akses gratis GoPlay selama tiga bulan
15 Cerita Pilihan masing-masing mendapatkan saldo GoPay senilai Rp 1 juta

Kategori Regional
Panitia akan memilih 72 pemenang di masing-masing wilayah regional Sumatra, Indonesia Timur, Jabar Jateng DIY, Jatim Bali:
* Juara 1 : Piagam penghargaan dan uang tunai Rp13 juta serta akses gratis GoPlay selama satu tahun
* Juara 2 : Piagam penghargaan dan uang tunai Rp10 juta serta akses gratis GoPlay selama enam bulan
* Juara 3 : Piagam penghargaan dan uang tunai Rp8 juta serta akses gratis GoPlay selama tiga bulan
15 Cerita Pilihan masing-masing mendapatkan saldo GoPay senilai Rp 1 juta

Baca juga: Kembalikan Dompet Temuan, 2 Driver Asal Solo Diapresiasi Gojek

Kriteria Penilaian

* Juri akan menilai karya jurnalistik berdasarkan kriteria penilaian seperti: kesesuaian dengan tema, orisinalitas ide, kualitas dan kedalaman penulisan, dan penyajian karya jurnalistik.
* Dewan juri untuk penghargaan ini berasal dari AMSI dan perwakilan dari Gojek.
* Terdapat voucher gratis berlangganan GoPlay selama 30 hari bagi 50 pendaftar pertama.

Pendaftaran KPAB

Informasi lebih lanjut mengenai KPAB 2021 dapat diakses di https://bit.ly/KPAB2021. Pendaftaran dapat diakses dilakukan melalui  G-Form https://bit.ly/KPAB_GojekAMSI atau email kreasipewartaanakbangsa@go-jek.com.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Senin, Sukmawati Soekarnoputri Jalani Ritual Pindah Agama Hindu

Sukmawati Soekarnoputri bakal menjalani sejumlah ritual saat upacara Sudhi Wadani atau pindah ke agama Hindu di Kota Singaraja, Bali.

Posisi Berangkulan, Mayat Sejoli di Tasikmalaya Bikin Geger

Penemuan mayat sepasang lelaki dan perempuan atau sejoli di Tasikmalaya menggegerkan warga karena ditemukan dalam kondisi berangkulan.

Aktivitas Gunung Berapi Jadi Pemicu Rentetan Gempa Salatiga-Ambarawa?

Rentetan gempa atau gempa swarm terjadi di wilayah Kota Salatiga-Ambarawa sepanjang Sabtu (23/10/2021).

Aksi Mantan Kapolsek Parigi Terungkap dari Chat Mesra Lewat WA

Aksi mantan Kapolsek Parigi, Iptu IDGN, yang diduga memerkosa anak tersangka kasus pencurian ternak, S, 20, sebanyak dua kali terungkap melalui chat mesra di WhatsApp.

Elektabilitas Ganjar Naik Terus, PDIP Malah Sebut Survei Bukan Patokan

Elektabilitas Ganjar Pranowo kini menyamai Prabowo Subianto menurut survei Litbang Kompas. PDIP menyebut pemimpin bangsa tidak ditentukan oleh survei.

Selain Dipecat, Kapolsek Parigi yang Lakukan Perkosaan Juga Dipidana

Kapolda Sulteng pastingan proses pidana Kapolsek Parigi yang memperkosa anak dari tersangka pencurian ternak jalan terus.

Buruan Daftar! Kemenaker Buka Beasiswa 1000 Talenta Santri

Kemenaker membuka pendaftaran Beasiswa 1000 Talenta Santri bagi santri di seluruh Indonesia dalam bentuk program pelatihan.

Sidik Pinjol yang Bikin Ibu Wonogiri Bunuh Diri, Bareskrim Sita Rp20 M

Bareskrim Polri menyita Rp20 miliar dari Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Solusi Andalan Bersama yang diduga menaungi pinjol ilegal yang membuat ibu di Wonogiri bunuh diri.

Polisi Tangkap Bos Pinjol Pemicu IRT di Wonogiri Gantung Diri

Polisi menangkap bos perusahaan pinjol ilegal yang diduga menyebabkan IRT di Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah meninggal gantung diri karena tidak kuat menahan teror pinjol ilegal.

Anggotanya Diduga Perkosa Anak Tersangka, Kapolda Sulteng Minta Maaf

Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng), Irjen Polisi Rudy Sufahriadi, meminta maaf kepada masyarakat buntut kasus Kapolsek Parigi yang memerkosa anak tersangka.

Diduga Perkosa Anak Tersangka, Kapolsek Parigi Dipecat Tidak Hormat

Kapolsek Parigi, Iptu IDGN, yang diduga memerkosa anak tersangka diberhentikan secara tidak hormat setelah menjalani sidang kode etik, Sabtu (23/10/2021).

Sukmawati Soekarnoputri Pindah Agama Hindu, Sudah Dapat Izin Paundra?

Putri Presiden Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri pindah agama Hindu, apakah sudah mendapatkan izin dari GPH Paundrakarna, sang anak?

UU PDP Jaminan Kejelasan Hukum Korban Pinjol

UU PDP bisa mengatur dengan kekuatan hukum yang jelas tentang warga harus mengadu ke mana atau kepada siapa ketika menjadi korban kebocoran data pribadi.

Kehebohan Beragama Belum Menjadi Jalan Kebudayaan

Kehebohan beragama belum menjadi jalan pembebasan menuju kerja bersama seluruh elemen bangsa mewujudkan peradaban dan kehidupan yang lebih baik di semua aspek kehidupan.

10 Berita Terpopuler : Kera Serbu Rumah - Resepsi Boleh Ada Penyanyi

Serangan kera liar di permukiman warga Kebakkramat hingga aturan resepsi pernikahan di Solo masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Cakupan Vaksinasi Tinggi, Inggris Masih Diamuk Corona

Amukan corona di negara ini memicu kekhawatiran terlebih Inggris menjadi salah satu negara yang cakupan vaksinasinya sudah termasuk tinggi.