GM Sudarta & Kritik Patung Taman Ki Narto Sabdo Klaten
Karikatur berjudul Self Potret With Friend karya GM Sudarta. (Twitter/ @KompasData)

Solopos.com, KLATEN -- Kabar meninggalnya GM Sudarta cepat menyebar salah satunya diterima oleh senirupawan asal Klaten, Ansyori. Di mata Ansyori, Mas GM -- begitu ia biasa memanggilnya -- adalah sosok yang idealis. GM bahkan pernah mengkritik Pemerintah Kabupaten Klaten habis-habisan soal pembangunan patung di Taman Ki Narto Sabdo yang dinilainya salah sejak perencanaan.

Kedekatannya Ansyori dengan GM salah satunya karena seniman karikatur senior itu pernah menjabat penasihat di Paguyuban Senirupawan Klaten (Pasren Klaten). "Dia sekaligus sesepuh bagi para senirupawan Klaten. Bagi kami dia adalah sosok yang idealis," kata mantan Ketua Pasren Klaten, Ansyori, saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (30/6/2018).

Komunikasi terakhir Ansyori dengan GM Sudarta terjadi saat menggelar pameran bersama tujuh seniman Klaten di Bentara Budaya Solo, Mei lalu. Ia sempat berkomunikasi dengan GM melalui internet sebab GM ada di Jakarta. GM sempat menyampaikan maaf tidak bisa ikut pameran karena sebagian karyanya masih di Jakarta. Karyanya yang sempat dipamerkan waktu itu hanya sebagian kecil yang disimpan di Klaten.

Kepada Ansyori, GM Sudarta menceritakan penyakitnya mirip seperti yang dialami Nur Cholis Madjid dan Dahlan Iskan. Hal itu memaksanya harus menjalani pengobatan di India atau Cina. Namun, GM memilih menjalani terapi di Bogor. "Waktu pameran di Bentara Budaya itu Mas GM sempat menjadi kurator," sambung pria yang juga Ketua Sanggar Bambu Klaten.

Ia mengaku sangat kehalangan atas kepergian GM Sudarta. Sebagai bentuk apresiasi, ia akan mengusulkan bersama seniman Klaten dan Pemerintah Kabupaten Klaten menggelar acara khusus untuk mengenang GM dalam pengembangan seni budaya di Klaten. "Menurut saya, Mas GM layak mendapatkan penghargaan atas jasanya dalam mengembangkan kesenian di Klaten," kata pria yang juga menjabat Ketua Komite Seni Rupa Dewan Kesenian Klaten itu.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho