SOLOPOS.COM - Fasilitas glamour camping yang disediakan di Lawu Park, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. (Solopos/Candra Putra Mantovani)

Solopos.com, KARANGANYAR – Berkemah di alam yang sejuk menjadi salah satu pilihan yang ideal bagi keluarga maupun pasangan muda. The Lawu Park di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah yang juga menyediakan fasilitas camping, rasanya sangat pas untuk mengisi waktu libur.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Biasanya, banyak orang mengurungkan niat berkemah lantaran enggan repot mempersiapkan segala kebutuhan. Alasan itu menjadi peluang usaha baru di mata para pengusaha industri pariwisata yang mengangkat standar kemah menjadi lebih glamor.

Manajemen The Lawu Park kini menyediakan fasilitas glamour camping (Glamping) sejak 2018. Di tempat tersebut, sejumlah tipe Glamping ditawarkan menyesuaikan kebutuhan pengunjung ketika ingin merasakan sensasi berkemah tanpa repot dan bisa mendapatkan berbagai fasilitas layaknya menginap di hotel berbintang.

Baca Juga: Telat Ganti Persneling, Truk Pasir Ndlondor Terguling di Tawangmangu

The Lawu Park menawarkan Glamping dengan pemandangan Gunung Lawu dan udara yang sejuk. Pengelola The Lawu Park, Anggun Nila Monica, mengatakan di tempatnya terdapat empat tipe Glamping yaitu cottage, glamping, super cottage, dan super glamping.

lawu park camping
Fasilitas glamour camping yang disediakan di Lawu Park, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. (Solopos/Candra Putra Mantovani)

Keempat fasilitas glamour camping di The Lawu Park dibanderol dengan harga mulai dari Rp330.000 per malam.

“Glamping menjadi sebuah solusi bagi keluarga yang ingin berkemah tapi tidak mau ribet. Di tempat kami, Glamping berfasilitas persis hotel namun tidak mengurangi pengalaman berkemah yang didapatkan. Kami juga membebaskan pengunjung membawa tenda sendiri atau membuat api unggun di lokasi yang ditentukan untuk memperkuat sensasi berkemahnya,” ujar dia ketika berbincang dengan Solopos.com, Rabu (11/8/2021).

Camping Mewah Bukan Hanya di Lawu Park

Anggun mengatakan di bawah manajemen yang sama, Glamping di kaki Gunung Lawu juga terdapat di Sakura Hills dan Wonder Park Tawangmangu.

Baca Juga: Ini Dia Wisata Baru Bernuansa Keluarga di Karanganyar, Tawangmangu Wonder Park

Untuk Sakura Hills, terdapat sekitar 20 unit Glamping dan ada sekitar belasan unit di Wonder Park. Ketiga lokasi Glamping tersebut berada di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar.

Selain di The Lawu Park dan kedua lokasi tersebut, Rumah Atsiri juga menawarkan konsep Glamping untuk wisatawan di Tawangmangu, Karanganyar.

Baca Juga: Disebut Kota Santri, Ini 5 Wisata Religi di Kudus

Marketing Rumah Atsiri, Paramitha Sari Indah Widarini, mengatakan di Rumah Atsiri terdapat total 17 unit glamping yang dibagi menjadi dua tipe yaitu Citronela dan Palmarosa.

Sedikit berbeda dengan konsep di The Lawu Park, Rumah Atsiri memilih menggunakan konsep bangunan tenda segitiga berwarna putih yang berisi fasilitas hotel bintang lima.

Baca Juga: Asyik, Objek Wisata di Klaten Mulai Dibuka

Untuk bisa menikmati fasilitas glamping di Rumah Atsiri, pengunjung harus merogoh kocek mulai Rp2,7 juta hingga Rp4,8 juta.

lawu park camping
Fasilitas glamour camping yang disediakan di Lawu Park, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. (Solopos/Candra Putra Mantovani)

“Kami membuat Glamping ini menyasar para pasangan muda dan keluarga yang ingin berkemah tapi menginginkan fasilitas yang nyaman seperti menginap di hotel tanpa kehilangan sensasi berkemahnya. Selain fasilitas yang sudah ada di paket, kami juga memberikan layanan kalau pengunjung menginginkan adanya fasilitas tambahan lainnya,” terang dia.

Untuk menuju lokasi Glamping Rumah Atsiri, pengunjung bisa langsung menuju Jalan Watusambang, Desa Plumbon, Tawangmangu, Karanganyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya