SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, TEMANGGUNG — Desa Giyono, Kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung maju sebagai wakil Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dalam Lomba Desa Tingkat Nasional 2019. Desa Giyono yang mengunggulkan akademi desa bersaing di Regional II.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Temanggung, Agus Sarwono, di Temanggung, Selasa (16/7/2019), mengatakan dalam mengikuti lomba desa ini, Desa Giyono memiliki program unggulan, yakni akademi desa. Akademi desa ini menjadi penampung bagi kegiatan yang ada di desa tersebut, mulai dari pelatihan peternakan hingga pertanian dan pelatihan lainnya.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Dengan akademi desa ini pemuda bisa semakin mengembangkan desa melalui dunia peternakan, pertanian dan potensi lainnya. Menurut dia program akademi desa di Desa Giyono ini merupakan satu-satunya akademi desa yang ada di Temanggung bahkan di Jateng.

“Saya belum pernah dengar ada akademis desa di daerah lain, baru di Desa Giyono ini,” katanya saat mendampingi tim verifikasi lomba desa tingkat nasional di Desa Giyono. Ia menambahkan sekarang banyak pemuda yang malu menjadi petani atau peternak, dengan adanya akademi desa ini bisa memicu semangat bagi pemuda untuk terjun di bidang pertanian dan peternakan.

Selain akademi desa, ujarnya masih banyak potensi lainnya di Desa Giyono, antara lain perkebunan kopi, budaya, dan potensi lainnya. Ia berharap dengan potensi desa yang lebih dari desa lainnya ini, Desa Giyono nantinya menjadi desa yang terbaik dalam regional II lomba desa tingkat nasional.

“Harapan kami bisa menjadi nomor satu, sehingga ke depan Desa Giyono bisa semakin maju dan berkembang,” katanya.

Ketua Tim Verifikasi Lomba Desa Tingkat Nasional Kiki Sukirno menyebutkan, lomba desa dan kelurahan ini di ikuti oleh sejumlah desa yang mewakili setiap provinsi yang ada di Indonesia. “Desa Giyono ini menjadi salah satu desa yang ikut dalam lomba desa yang masuk dalam regional II yang meliputi Jawa dan Bali,” lanjutnya.

Ia mengemukakan sebelumnya Desa Giyono sudah mengajukan materi, video dan berkas lainnya untuk mengikuti lomba desa mewakili Provinsi Jateng. “Saat ini kami bersama tim verifikasi melakukan klarifikasi langsung ke desa untuk melihat kenyataanya. Apakah yang ada di materi yang diajukan itu memang benar-benar ada di desa ini atau tidak,” jelasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya