SOLOPOS.COM - Ilustrasi pasangan suami istri tanpa anak. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Youtuber Gita Savitri Devi alias Gitasav menyebut childfree bikin awet muda, lalu bagaimana fakta sebenarnya? Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Sebagaimana diketahui nama Gita Savitri Devi sempat trending topic di Twitter berkat pendapatnya soal tidak memiliki anak membuat awet muda.  Selama ini banyak orang melihat memiliki anak butuh efforts dan biaya yang tak sedikit. Bukan hanya kerugian fisik yang ditimbulkan oleh melahirkan anak pada tubuh ibu, tetapi juga harga yang harus dibayar oleh kedua orang tua di malam-malam tanpa tidur, kekhawatiran yang terus-menerus, dan jam kerja yang panjang untuk membayar semuanya.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Kortisol, hormon stres, hadir dalam kadar yang jauh lebih tinggi dalam darah orang-orang yang terlalu banyak bekerja dan terlalu cemas—orang tua di antara mereka. Dan bersama-sama mereka dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan tekanan darah dan menambah pengeluaran.

Dengan banyaknya tenaga dan uang yang harus tercurah untuk membesarkan anak, tentu saja wajar jika ada pendapat childfree bikin awet muda karena bebas stres.  Dikutip dari Time pada Kamis (9/2/2023), sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam American Journal of Human Biology melacak 116 tahun kelahiran – dari tahun 1886 hingga 2002 – di empat wilayah Polandia dan menemukan bahwa wanita secara mengejutkan kehilangan 95  pekan  kehidupan untuk setiap anak yang mereka kandung.

Mengutip Science Alert, studi membuktikan bahwa memiliki anak membuat DNA wanita menua.  Penelitian ini melibatkan sebanyak 2 ribu responden wanita berusia 20-44 tahun. Para ilmuwan meneliti telomere, bagian penting dari sel manusia yang memengaruhi bagaimana sel menua.

“Kami terkejut menemukan hasil yang mencolok. Ini setara dengan sekitar 11 tahun percepatan penuaan sel,” kata ahli epidemiologi Anna Pollack, kepada New Scientist.

Setelah diteliti, ditemukan wanita yang memiliki anak memiliki telomere yang lebih pendek. Semakin banyak anak yang dimiliki, telomere wanita akan semakin pendek.  “Kami menemukan bahwa wanita yang memiliki 5 anak atau lebih memiliki telomere yang lebih pendek dibandingkan yang tidak punya anak dan relatif lebih pendek dibandingkan yang punya anak satu, dua, tiga atau empat,” lanjutnya.

Pada dasarnya, telomere adalah daerah molekuler yang bertindak sebagai tutup di ujung kromosom yang membantu melindungi informasi genetik dalam sel agar tidak memburuk seiring waktu dari paparan hal-hal berbahaya bagi kesehatan.  Oleh karena itu, para pakar meyakini, semakin panjang telomere seseorang, kesehatannya akan menjadi lebih baik sehingga membuatnya panjang umur.

Namun penelitian berbeda menunjukkan bahwa childfree tidak sepenuhnya bikin awet muda, justru kehadiran anak lebih memberi warna. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2016, para ilmuwan University of California San Diego menemukan bahwa wanita yang memiliki anak ternyata memiliki 11% lebih mungkin untuk hidup hingga usia 90-an daripada wanita yang memiliki anak lebih awal.

Terlebih lagi, wanita yang memiliki dua hingga empat anak lebih mungkin hidup lebih lama dibandingkan wanita yang memiliki satu anak, meski pun hal itu tampaknya hanya terjadi pada wanita kulit putih.  Yang lebih menarik adalah penelitian tentang hormon yang penting dalam membesarkan anak: oksitosin. Dikenal sebagai bahan kimia pelukan, inilah yang membuat pengalaman meringkuk dengan pasangan atau mendekut bayi yang seharusnya tidak berguna secara biologis begitu bermanfaat. Tingkat oksitosin melonjak pada wanita saat mereka hamil dan menyusui, dan ayah juga mendapatkan dorongan – terkadang sama hebatnya dengan ibu – hanya dengan hadir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya