SOLOPOS.COM - Jimi Hendrix

Solopos.com, SOLO–Majalah musik Rolling Stone, Selasa (8/10), kembali merilis daftar 100 gitaris terbaik sepanjang masa. Dengan melibatkan puluhan kontributor, musisi, dan pelaku industri musik, mereka menyusun daftar panel gitaris terbaik sepanjang masa dalam bentuk peringkat 1 sampai 100. Pemberian label ranking ini disertai rasional pemilihan sejumlah nama yang masuk dalam bursa legenda.

Sejumlah wajah-wajah lama dalam industri musik kembali masuk dalam daftar bursa tahunan “Dewa Gitar” ini antara lain Jimi Hendrix, Eric Clapton, Jimmy Page, hingga Keith Richards. Daftar gitaris terbaik sepanjang masa ini kembali menempatkan Jimi Hendrix sebagai jawara di urutan teratas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebelumnya, jurnalis musik senior Rolling Stone, David Frick, 2003 lalu secara perdana merilis daftar 100 gitaris terbaik sepanjang masa. Urutan 1-10 berturut-turut ditempati Jimi Hendrix, Duane Allman, B.B. King, Eric Clapton, Robert Johnson, Chuck Berry, Stevie Ray Vaughan, Ry Cooder, Jimmy Page dan Keith Richards.

Perintis daftar 100 gitaris terbaik sepanjang masa, David Frick, melalui Rollingstone.com beberapa saat yang lalu mengatakan dirinya meminta secara khusus meminta dibuatkan edisi spesial yang mengulas gitaris terbaik dan paling berpengaruh dalam musik rok.

“Saya memulai daftar ini dengan sejumlah nama, yang sepengalaman saya, bisa dibilang mahir memainkan gitar. 100 orang ini sebenarnya belum mewakili total gitaris yang berbakat. Kalau mau ditulis semua, angkanya bisa mencapai 500. Tapi saya sepakat, Jimi Hendrix selalu menjadi jawara di setiap kesempatan. Sedangkan urutan ke-2 sampai 99 itu hanya menjadi nomor dua,” katanya.

Satu dasawarsa berlalu sejak David Frick menetapkan jawaranya. Nyata pilihan pria yang telah puluhan tahun mengamati industri musik ini tak berbeda dari puluhan orang yang mengikuti jajak pendapat pemilihan 100 gitaris terbaik sepanjang masa ini, salah satunya gitaris Tom Morello.

Tom Morello, melalui Rollingstone.com Selasa lalu, mengatakan Jimi Hendrix membentuk ide musik rok yang seharusnya. “Jimi Hendrix bisa memanipulasi gitar, studio, dan panggung. Lewat lagu Machine Gun atau Voodoo Chile terlihat kesempurnaan turbulensi era 60-an. Tapi kita juga bisa mendengarkan kekacauan jalanan dan dahsyatnya bom jatuh di lagu Star Spangled Banner,” ujarnya.

Menurut gitaris yang tergabung di Rage Against the Machine dan Audioslave ini, sejumlah teknik petikan Jimi Hendrix mustahil ditirukan. “Lagu maestro besutan Jimi Hendrix adalah Little Wing. Sebagai gitaris, kami bisa mempelajarinya seumur hidup dan tidak pernah bisa memainkannya seperti Jimi Hendrix,” tegasnya.

Meskipun penyusunan daftar gitaris terbaik sepanjang masa ini telah melibatkan sejumlah nama besar di industri musik seperti David Fricke (jurnalis senior Rolling Stone), Peter Guralnick (pengarang), Kirk Hammett (Metallica), hingga Carlos Santana, nyatanya penyusunan daftar ini tak luput dari kritikan sejumlah penggemar.

Salah satunya ditulis Rafael De Stefano yang mengritik absennya sejumlah nama besar dalam jajaran 10 besar gitaris terbaik sepanjang masa. “Mengapa tidak ada nama seperti Johnny Ramone, Joe Satriani, Max Cavallera, John Scofield? Rolling Stone pasti melewatkan banyak hal dalam penyusunan daftar ini,” keluhnya melalui tab komentar situs tersebut Kamis (10/10/2013).

Daftar Gitaris Terbaik Sepanjang Masa Versi Rolling Stone
1    Jimi Hendrix
2    Eric Clapton
3    Jimmy Page
4    Keith Richards
5    Jeff Beck
6     B. B. King
7    Chuck Berry
8    Eddie Van Halen
9    Duane Allman
10    Pete Townshen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya