Girls, Yuk Intip 5 Manfaat Cokelat
Ilustrasi cokelat. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Tak hanya enak, cokelat yang biasa dijadikan hadiah Valentine juga punya banyak manfaat bagi kesehatan. Tapi tahukah Anda apa sih manfaat makan cokelat yang biasa diterima wanita sebagai hadiah Valentine?

Dikutip dari Women’s Health, Kamis (13/2/2020), Mary Engler, Ph.D., seorang Profesor Keperawatan Fisiologi Universitas California, San Francisco, Amerika Serikat, mengatakan cokelat sebenarnya punya sejumlah manfaat meski kandungan lemak dan gulanya tinggi.

Megap-Megap Tak Ada Penumpang, Tukang Becak di Solo: Wis Pasrah

“Anda memperoleh manfaat dari makan (cokelat) hanya dalam jumlah kecil. Karena kandungan lemak dan gula tinggi, batasi diri anda sampai tujuh ons, atau sekitar empat batang cokelat hitam sepekan,” ujarnya.

Meski kadar gula dan lemaknya tinggi, cokelat sebenarnya punya segudang manfaat loh bagi tubuh. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini:

Bantu diet

Para peneliti dari Universitas Kopenhagen, Denmark, membuktikan cokelat hitam lebih mengenyangkan daripada jenis cokelat lainnya. Sedang diet tapi ingin makan cokelat? Dark chocolate, solusinya.

Ogah Sentuh Narkoba, Didi Kempot Pilih Ciu

Cegah stres

Peneliti Swiss menyatakan, ketika orang yang sangat cemas mengonsumsi satu setengah ons cokelat hitam setiap hari selama dua pekan, kadar hormon stres mereka berkurang secara signifikan. Jadi, tak ada salahnya Anda makan cokelat saat benar-benar stres.

Cegah komplikasi kehamilan

Dikutip dari Besthealth, peneliti dari Universitas Yale, Amerika Serikat, menyatakan makan cokelat secara teratur selama kehamilan dapat mencegah komplikasi yang berpotensi menyebabkan bayi lahir prematur.

Dijuluki Sekolah Artis, Ini Deretan Alumni SMA 7 Solo yang Jadi Artis

Perbaiki mood

Saat menstruasi, wanita cenderung mengalami badmood. Dikutip dari Everydayhealth, hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Proteome Research, pada 2009, menjelaskan, cokelat hitam dapat mengurangi hormon kortisol penyebab stres.

Cokelat hitam juga mengandung asam amino, serotonin, dan theobromine, yang merupakan senyawa peningkat suasana hati.

Menutrisi kulit

Cokelat kaya akan vitamin A, B1, C, D dan E, serta zat besi dan kalsium. Cokelat menutrisi kulit dari dalam dan menggantikan kelembaban yang hilang. Cokelat juga mencegah penuaan karena mengandung flavonoid yang berfungsi melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. (Ria Sari Febrianti/Solopos.com)

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho