Giri Aneka Usaha Wonogiri Bukukan Pendapatan Rp2,5 Miliar

Perumda Giri Aneka Usaha Wonogiri dapat menyetor ke kas daerah (kasda) sebagai pendapatan asli daerah (PAD) senilai Rp1,405 miliar.

 Ilustrasi uang. (Reuters)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang. (Reuters)

Solopos.com, WONOGIRI—Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Giri Aneka Usaha Wonogiri pada 2021 membukukan pendapatan bersih setelah dipotong pajak senilai Rp2,5 miliar dari total omzet tercatat Rp37 miliar.

Dari pendapatan itu Perumda dapat menyetor ke kas daerah (kasda) sebagai pendapatan asli daerah (PAD) senilai Rp1,405 miliar. Pendapatan dan setoran itu lebih tinggi dibanding 2020.

PromosiLangka di China, Akar Tunjuk Langit asal Jawa Tengah Diekspor ke Taiwan

Sebagai informasi, Perumda Giri Aneka Usaha merupakan hasil penyatuan/merger tiga Perusahaan Daerah (Perusda), yakni Perusda Giri Tunggal (percetakan), Perbengkelan Surya (bengkel kendaraan), dan Jasa Medika Giri Husada (apotek) pada 2019. Sebelumnya masing-masing perusda tersebut berdiri sendiri.

Baca Juga: DWP Perumda Air Minum Tirta Ampera Boyolali Bagikan 500 Paket Sembako

Direktur Perumda Giri Aneka Usaha Wonogiri, Suharsono, saat berbincang dengan wartawan di Kelurahan Wuryorejo, Kecamatan Wonogiri, Rabu (26/1/2022), menyampaikan omzet usaha 2021 naik lebih kurang Rp15 miliar dibanding 2020 yang saat itu laporan keuangannya masih terpisah. Omzet 2020 tercatat Rp22 miliar hingga Rp23 miliar.

Lantaran omzet 2021 naik otomatis pendapatan bersih juga naik. Pendapatan bersih 2021 tercatat Rp2,5 miliar atau naik lebih kurang 70 persen dibanding 2020 yang saat itu Rp1,7 miliar.

Dari pendapatan 2021 itu Perumda dapat menyetor ke kasda senilai Rp1,405 miliar atau naik Rp559,44 juta dibanding setoran 2020 yang saat itu Rp845,891 juta.

Baca Juga: Bupati Wonogiri: Inovasi Harus Bisa Diaplikasikan

“Pendapatan terbesar bersumber dari usaha percetakan. Pada 2021 Pendapatan bersih sebelum [dipotong] pajak totalnya senilai Rp2,7 miliar. Sementara dari usaha bengkel Rp300 juta dan dari usaha apotek Rp700 juta,” kata Suharsono yang menjadi Direktur Perumda Giri Aneka Usaha pada akhir 2020 itu.

Dai melanjutkan, pendapatan dan setoran ke kasda pada 2021 lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya. Pada 2022 ini Perumda Giri Aneka Usaha menargetkan memperoleh omzet lebih kurang Rp40 miliar, agar bisa membukukan pendapatan bersih setelah dipotong pajak senilai Rp3 miliar dan bisa menyetor ke kasda minimal Rp1,5 miliar.

Suharsono menyebut, capaian positif itu tak terlepas dari inovasi yang dilakukan manajemen. Mulai 2021 Perumda memasarkan berbagai produk dari unit usaha percetakan, seperti sarana prasarana (sarpras) sekolah melalui aplikasi SIPLah atau Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah) yang disediakan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Baca Juga: PAD Wonogiri 2020 Diproyeksikan Naik Rp23,6 Miliar

 

Bantu UMKM

SIPLah merupakan lokapasar atau marketplace yang dapat dimanfaatkan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk memasarkan produk. Sementara, sekolah dapat membelanjakan dana pengadaan barang di loka pasar tersebut.

“Omzet 2021 hanya dari penjualan melalui SIPLah mencapai Rp10 miliar. Ke depan kami akan terus meningkatkan penjualan dari SIPLah,” imbuh Suharsono didampingi Sigit Susiarto, General Manager (GM) Kepegawaian dan Keuangan dan Triwik Sawitri, GM Operasional dan Pengembangan Usaha.

Sebagai informasi, usaha di unit percetakan bergerak di bidang industri percetakan umum, perdagangan eceran melalui media untuk barang campuran, dan perdagangan eceran atas dasar balas jasa/kontrak. Selain itu usaha di bidang perdagangan eceran komputer dan perlengkapan dan perdagangan eceran alat tulis menulis dan gambar.

Baca Juga: Target Pendapatan Retribusi Pasar Wonogiri Dinaikkan Jadi Rp5,25 Miliar

Inovasi lainnya, sambung Suharsono, membuka layanan salon mobil dan penghilang jamur kaca di unit usaha bengkel. Sebelumnya bengkel hanya melayani reparasi mobil, reparasi dan perawatan sepeda motor, dan aksesoris mobil.

Inovasi di unit usaha apotek, yakni membuka layanan konsultasi obat melalui aplikasi perpesanan WhatsApp (WA). Sebelumnya melayani perdagang eceran barang dan obat farmasi dan praktik dokter bersama. Perumda Giri Aneka Usaha memiliki lima apotek yang tersebar di lima wilayah eks-distrik.

“Sejak lama usaha kami bisa berjalan secara mandiri, tidak bergantung pada penyertaan modal [dari Pemkab Wonogiri]. Penyertaan modal yang kami terima totalnya lebih kurang Rp8 miliar. Sudah lama sekali kami tidak menerima penyertaan modal. Sebaliknya, pemasukan yang kami setor ke kasda kalau ditotal sudah lebih dari Rp8 miliar.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Belum Ada Bintang Terang, Aja Kesusu…

+ PLUS Belum Ada Bintang Terang, Aja Kesusu…

Frasa ”aja kesusu” atau jangan terburu-buru yang dikemukakan Presiden Joko Widodo dalam acara Rapat Kerja Nasional Pro Jokowi (Projo) di Magelang, Jawa Tengah, pada Sabtu (21/5/2022), adalah pesan yang berlaku umum, namun juga bisa ditafsirkan lebih sempit sesuai konteks dan ruangnya.

Berita Terkini

Pandemi Covid-19! Penangkar Jalak di Bayat Klaten Tetap Untung

Peternak jalak di Kampung Jalak, Dukuh Nglebak, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, masih merasakan keuntungan di tengah pandemi Covid019.

PPPK Klaten Geruduk BKPSDM Klaten PascaPeroleh SK, Ada Apa?

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang pekan lalu baru menerima surat keputusan (SK) menggeruduk Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Klaten, Rabu (25/5/2022).

Gibran Dan Menhub Jajal KRL Solo Balapan-Palur, Sudah Siap Beroperasi?

Menhub Budi Karya Sumadi dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjajal jalur KRL Solo Balapan-Palur, Kamis (26/5/2022).

PMK Belum Pengaruhi Harga Daging Sapi di Wonogiri, Benarkah?

Merebaknya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) dinilai belum mempengaruhi harga daging sapi di Wonogiri.

PMK Mulai Serang Sapi Lokal Wonogiri, Ini Persebarannya?

Sebanyak lima ekor sapi lokal di Wonogiri mulai terserang penyakit mulut dan kuku (PMK), Selasa (24/5/2022).

Serangan Jantung, Warga Karanganyar Meninggal di Pertapaan Pringgodani

Seorang pengunjung kawasan wisata religi pertapaan Pringgodani di Desa Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Boyolali Hari Ini: 26 Mei 2015, Dirazia! Anak Punk Pamer Tato Doraemon

Tujuh tahun lalu, tepatnya 26 Mei 2015, Polres Boyolali menangkap enam anak punk lewat operasi cipta kondisi di sepanjang Jalan Raya Ampel sampai Sunggingan Boyolali Kota.

PMK & Penutupan Pasar Hewan Tak Pengaruhi Harga Daging Sapi Sukoharjo

Harga daging sapi di Pasar Ir Soekarno Sukoharjo tidak terpengaruh dengan merebaknya wabah PMK di beberapa daerah Soloraya maupun penutupan Pasar Hewan Bekonang.

Kisah 43 Calhaj Purwantoro ke Tanah Suci Berkat Program Talangan Haji

Di tahun 2022, Kecamatan Purwantoro memberangkatkan calon haji (calha) terbanyak se-Wonogiri, yakni mencapai 43 orang.

Ganjar Pranowo Ikuti Blusukan Jokowi di Solo, Terpisah Dari Rombongan

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ikut blusukan Presiden Jokowi ke sejumlah lokasi di Solo namun memisahkan diri dari rombongan.

Menikahi Adik Jokowi, Segini Harta Kekayaan Ketua MK Anwar Usman

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman tengah menjadi sorotan seusai resmi menikah dengan adik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Idayati pada Kamis (26/5/2022) di Solo.

Pedagang Sapi Wonogiri Ini Ketakutan saat Didatangi Polisi, Kenapa?

Pedagang sapi di Wonogiri mengaku tertekan dengan kehadiran aparat polisi saat proses pemeriksaan kesehatan yang diselenggarkan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislapernak) ternak di pasar hewan.

Pemain Srimulat Hil Yang Mustahal Kunjungi Griya Solopos, Ngapain Aja?

Sejumlah pemain film Srimulat: Hil Yang Mustahal mengunjungi Griya Solopos dalam rangkaian tur mereka di Solo, Kamis (26/5/2022).

Bukan Kaus, Jokowi Bagikan BLT Minyak Goreng di Pasar Mojosongo Solo

Presiden Joko Widodo membagikan bantuan modal usaha dan BLT minyak goreng kepada masyarakat saat berkunjung ke Pasar Mojosongo Solo pada Kamis (26/5/2022).

Kenaikan Isa Almasih, Begini Suasana di Gua Maria Marganingsih Bayat

Umat Katolik melaksanakan ziarah dan doa bersama di Gua Maria Marganingsih, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Kamis (26/5/2022).