Tutup Iklan

Giman Pria di Ngawi Pindahkan Rumah Sendirian, Kadus Akui Sulit Dinalar

Desa Mengger ramai setelah pengakuan warganya yang bernama Giman viral di media sosial.

 Sejumlah warga menyaksikan rumah yang berpindah secara mistis di Desa Mengger, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Ngawi, Kamis (9/7/2020). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

SOLOPOS.COM - Sejumlah warga menyaksikan rumah yang berpindah secara mistis di Desa Mengger, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Ngawi, Kamis (9/7/2020). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, NGAWI -- Warga dari berbagai daerah berdatangan ke Desa Mengger, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur setelah adanya pengakuan seorang warga di desa tersebut, Giman, yang pindahkan rumah sendirian.

Kepala Dusun (Kadus) Mengger, Sudadi, mengatakan saat ini desanya ramai setelah pengakuan warganya yang bernama Giman viral di media sosial. Giman mengaku berhasil memindahkan dan mengangkat rumahnya seorang diri dan dalam waktu yang singkat.

Sebelum aksi berbau mistis yang menggegerkan desanya itu terjadi, Giman memang sedang membangun rumah. Rumah berdinding kayu itu masih dalam proses perbaikan. Warganya itu baru membuat fondasi rumah.

Giman Pria di Ngawi Pindahkan Rumah Sendirian Dalam Semalam, Ini Kesaksian Para Tetangga

Sudadi menyebut rumah milik Giman terdiri dari dua bagian, depan dan belakang. Sebelumnya, rumah tersebut memang belum dipindahkan. Oleh warga, Giman diminta untuk mempekerjakan orang dalam mengangkat dan menggeser rumah bergaya limasan tersebut.

“Sama warga memang disuruh untuk mborongke. Ternyata banyak orang yang tidak sanggup,” kata dia saat ditemui Madiunpos.com/JIBI di lokasi, Kamis (9/7/2020).

Lantaran melihat tetangganya tidak bisa membantu untuk memindahkan rumahnya itu, akhirnya Giman berinisiatif memindahkannya sendiri. Awalnya, Giman menggunakan dongkrak untuk memindahkan rumah tersebut. Bukannya baik, justru rumah itu menjadi rusak.

Pindahkan Rumah Dalam Sekejap di Tengah Malam, Giman: Koordinasi dengan Makhluk Gaib yang Lama

Kemudian pada tanggal 25 Juni 2020, sekitar pukul 23.00 WIB Giman kembali mencoba untuk memindahkan rumahnya. Setelah sekitar satu setengah jam, ternyata rumah tersebut sudah bergeser dan naik setinggi 130 cm.

Rumah yang memiliki tiang kayu sebanyak 20 biji itu pun kini posisinya sudah lebih tinggi di bandingkan rumah depannya. Masyarakat setempat kaget saat rumah tersebut sudah bergeser.

“Saat memindah ya Giman sendiri. Tidak ada yang tahu. Itu yang membuat ini menjadi viral,” ungkapnya.

Orang Satu RT

Sudadi menuturkan fenomena ini memang di luar rasionalitas. Karena pada saat malam pemindahan rumah tidak ada warga yang membantu. Apalagi ternyata pemindahan rumah itu hanya butuh waktu sekitar satu setengah jam.

Untuk memindahkan rumah seperti itu, Sudadi menyampaikan setidaknya membutuhkan orang satu RT. Itu pun seluruh genteng rumah harus diturunkan terlebih dahulu, baru bisa dipindah.

“Tetapi ini gentengnya masih utuh semua. Ini secara rasional sulit. Dipikir secara nalar juga tidak ketemu,” kata dia yang menyebut hanya 17 genteng bagian belakang rusak dan tujuh genteng bagian depan rusak selama proses perpindahan terjadi.

Seperti Kisah Rara Jonggrang, Giman Pria Ngawi Pindahkan Rumah Dibantu Kekuatan Gaib

Menurutnya, hal itu yang membuat penasaran warga untuk datang. Warga ingin menyaksikan rumah yang dianggap dipindah dengan kekuatan gaib itu.

Mengenai semakin banyaknya warga yang datang ke lokasi, Sudadi menerjunkan tim pengamanan untuk mengatur para pengunjung yang datang. Setiap pengunjung diwajibkan mengenakan masker. Saat masuk desa juga semua pengunjung harus dicek suhu tubuh.

 


Berita Terkait

Espos Plus

Mengenal Prawirodigdoyo, Sosok Penunggang Kuda di Simpang 4 Karanggede

+ PLUS Mengenal Prawirodigdoyo, Sosok Penunggang Kuda di Simpang 4 Karanggede

Kebanyakan warga salah kaprah dengan menganggap patung penunggang kuda di simpang empat Karanggede Boyolali adalah Pangeran Diponegoro, padahal sosok penunggang kuda itu adalah Raden Tumenggung Prawirodigdoyo.

Berita Terkini

Beredar Video Semeru Muntahkan Awan Panas, Warga Panik Selamatkan Diri

Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi dan memuntahkan awan panas, Sabtu (4/12/2021).

Ratakan Tanah, Warga Ponorogo Malah Temukan Proyektil Amunisi

Sebutir proyektil berdiameter 10,5 sentimeter ditemukan pekerja tertimbun tanah di Ponorogo. Proyektil tersebut diduga peninggalan masa penjajahan Belanda.

Diterjang Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas SDN di Ponorogo Ambrol

Dua ruang kelas SD Negeri III Desa Temon, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, ambrol setelah tertimpa tanah longsor.

KSP Desak Polisi Bongkar Fakta Mahasiswi Minum Sianida di Makam Ayahnya

KSP angkat bicara perihal kasus mahasiswi Universitas Brawijaya Malang, NWR, yang ditemukan meninggal diduga bunuh diri menenggak racun sianida di makam ayahnya, Kamis (2/12/2021).

Buntut Viral Mahasiswi Bunuh Diri di Mojokerto, Polda Jatim Bertindak

Polda Jawa Timur memeriksa anggota Polres Pasuruan, R, yang diduga terkait kasus kematian mahasiswi Universitas Brawijaya, NWR, 23.

Viral Tagar #SAVENOVIAWIDYASARI, Mahasiswi Minum Sianida di Kuburan

Viral tagar #SAVENOVIAWIDYASARI menjadi trending di Twitter terkait kasus kematian Novia Widyasari, mahasiswi Universitas Brawijaya yang meninggal bunuh diri pada Kamis (2/12/2021).

Hujan Deras di Bangkalan Sebabkan Gedung SDN Tlagah Roboh

Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tlagah, Kabupaten Bangkalan, Madura, roboh.

UMK Madiun Naik Rp36.400, Jadinya Berapa?

UMK Madiun tahun 2022 ditetapkan Rp1.991.105 atau naik 1,38 persen setara Rp36.400 apabila dibandingkan tahun 2021, Rp1.954.705.

Hingga November 2021, Ada 112 Anak Magetan Kawin di Bawah Umur

Perkawinan anak di bawah umur masih menjadi persoalan yang harus diselesaikan di Kabupaten Magetan.

Innalillahi, Sudah 321 ODHA di Madiun Meninggal Dalam 2 Dekade

Setiap tahun rata-rata ada 20 ODHA di Kabupaten Madiun yang meninggal dunia.

Waduh! Pengantin di Madiun Baru Setahun Menikah Terdeteksi HIV Positif

KPAD Kabupaten Madiun menyebut kasus HIV positif tahun ini dialami warga pada usia produktif maupun baru menikah 1-2 tahun.

Diguyur Rp7 Miliar, Kawasan Kumuh di Madiun Tak Bau Pesing Lagi

Pemkot Madiun mengucurkan Rp7 miliar untuk mengatasi kawasan kumuh di sejumlah titik agar perkampungan di Kota Madiun tidak lagi berbau pesing.

Mahasiswa dan Selebgram PTN di Malang Minum Racun di Kuburan Ayahnya

Seorang mahasiswi sekaligus selebgram asal perguruan tinggi negeri di Malang ditemukan meninggal dunia diduga akibat bunuh diri minum racun di makam ayahnya.

Petani Porang Dilatih Teknik Kultur Jaringan di Madiun, Ini Tujuannya

Sebanyak 40 petani dari berbagai daerah di Indonesia dilatih teknik budidaya tanaman porang di Kabupaten Madiun.

Asale Gunung Bromo, Muncul Setelah Letusan Dahsyat Gunung Tengger

Berikut asal munculnya Gunung Bromo yang terletak di empat kabupaten di Jawa Timur.

Segera Dibangun Rusunawa, Makam Cina di Madiun Dibongkar

Pemerintah Kota Madiun memberikan waktu kepada ahli waris Bong Cino atau Makam Cina di Jl. Hayam Wuruk, Manguharjo, untuk membongkar makam secara mandiri hingga awal Januari 2022.