Giliran Nakes Puskesmas Manisrenggo Klaten Terpapar Virus Corona
Ilustrasi tenaga kesehatan yang menangani Covid-19. (Antara/Rony Muharrman)

Solopos.com, KLATEN — Jumlah tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah yang terpapar virus corona bertambah satu orang, Jumat (23/10/2020). Nakes itu berasal dari Puskesmas Manisrenggo.

Dalam dua hari terakhir, total nakes di Klaten yang positif Covid-19 mencapai lima orang.

Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas PP Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan di Klaten terdapat penambahan 14 kasus terkonfirmasi Covid-19, Jumat (23/10/2020). Satu di antara penambahan belasan terkonfirmasi Covid-19 itu berstatus nakes di Manisrenggo.

"Satu kasus terkonfirmasi merupakan hasil screening dari nakes di Puskesmas Manisrenggo. Inisialnya, T, 27, perempuan [sehari sebelumnya terdapat empat nakes asal Puskesmas Jambukulon, Ceper yang dinyatakan terpapar virus corona. Keempat nakes itu, yakni IP, 23, perempuan, asal Ceper; LN, 36,, laki-laki, asal Ceper; P, 43, perempuan, asal Wedi; S, 47, perempuan, asal Trucuk]," kata Cahyono Widodo, kepada Solopos.com, Jumat (23/10/2020).

Hilang Sejak Rabu, Mbah Rebo Ditemukan Tewas Menggantung di Tebing Makam Sambungmacan Sragen

Cahyono Widodo mengatakan penambahan 14 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 pada Jumat (23/10/2020) berasal dari beberapa kecamatan di Kabupaten Bersinar. Selain nakes T asal Manisrenggo, penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 di Klaten antara lain tiga orang asal Cawas, yakni SW, 23, perempuan, PP, 36, laki-laki, dan SS, 49, perempuan.

Seorang asal Wedi, AS, 20, laki-laki; dua orang asal Kalikotes, HAS, 27, laki-laki, dan M, 50, perempuan; seorang asal Klaten Tengah, TBA, 62, laki-laki; seorang asal Polanharjo, S, 71, laki-laki; seorang asal Karangdowo, K, 45, laki-laki; seorang asal Ceper, RDK, 47, laki-laki; dua orang asal Klaten Utara, S, 54, laki-laki dan SU, 65, perempuan; seorang asal Jatinom, RS, 38, perempuan.

Sebanyak lima dari 14 orang itu terpapar virus corona saat beraktivitas sehari-hari di Klaten. Sebanyak dua orang terpapar saat beraktivitas di luar Klaten. Sebanyak tujuh orang terpapar karena kontak erat dengan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di waktu sebelumnya.

Picu Kerumunan & Perbuatan Mesum, Internet Gratis di 5 Taman Sragen Dimatikan

"Sebanyak 11 orang menjalani isolasi mandiri di bawah pengawasan tim medis. Sisanya dirawat di rumah sakit (RS)," katanya.

Sembuh

Selain 14 kasus baru yang di antaranya adalah nakes, Cahyono Widodo mengatakan di Klaten juga terdapat 11 pasien virus corona yang sembuh.

Mereka berasal dari Jatinom, S, 63, laki-laki; dari Tulung, RW, 24, perempuan; dari Klaten Utara, SN, 49, perempuan; dari Trucuk, M, 45, laki-laki, dari Klaten Selatan, ORM, 19, perempuan dan KM, 46, perempuan; dari Pedan, IIP, 23, laki-laki dan KDO, 52, perempuan; dari Jogonalan, JAR, 1, laki-laki dan YN, 36, perempuan, dari Juwiring, dan DHH, 46, perempuan). Belasan pasien yang sembuh itu terpapar virus corona dalam kurun waktu 23 September 2020-16 Oktober 2020.

Hasil pemeriksaan terakhir terhadap 11 pasien itu menyatakan negatif Covid-19. Masing-masing pasien tetap diwajibkan menjalani isomasi mandiri lanjutan minimal tujuh hari ke depan.

Di waktu sebelumnya, tujuh dari 11 pasien itu telah menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan tim medis. Sedangkan empat pasien menjalani perawatan di rumah sakit (RS).

"Jumlah kumulatif pasien terkonfirmasi Covid-19 di Klaten mencapai 799 orang. Sebanyak 98 orang menjalani perawatan di RS/isolasi mandiri. Sebanyak 674 orang dinyatakan sembuh. Sebanyak 27 orang meninggal dunia," kata Cahyono Widodo.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom