SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SLEMAN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman, menemukan tiga orang bakal calon anggota legislatif yang masih di bawah umur yang didaftarkan oleh partai politik. Sebelumnya hal yang sama ditemukan oleh KPU Kulonprogo.

Ketua KPU Kabupaten Sleman, Djajadi, Senin mengatakan tiga bakal calon legislatif (bacaleg) tersebut masing-masing kelahiran 1993 ada dua orang, dan 1992 ada satu orang.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

“Dalam verifikasi berkas kami menemukan tiga bacaleg yang masih di bawah umur. Nanti akan kami beritahu partai yang bersangkutan, kemungkinan akan diganti,” katanya, Senin (6/5).

Ekspedisi Mudik 2024

Ia mengatakan, temuan tersebut baru muncul pada pendaftaran Pemilu Legislatif 2014 ini.

“Pada pemilihan sebelum-sebelumnya tidak ada. Hari ini kami akan menyerahkan kembali evaluasi tersebut kepada setiap partai,” katanya.

Menurut dia, nantinya, partai-partai yang berkas bacalegnya belum lengkap, harus dilengkapi. Seperti, apakah fotokopi ijazah sudah dilegalisasi, dan surat pernyataan dari pengurus partai.

Djajadi mengatakan, untuk pemilihan caleg pada 2014 di Kabupaten Sleman, para calon akan memperebutkan 50 kursi di legislatif.

“Partai yang nantinya akan ikut, yaitu Gerindra, PKB, Golkar, Hanura, Nasdem, PDI Perjuangan, PBB, PPP, PKS, PAN, dan Demokrat. Sementara, untuk PKPI tidak akan ikut karena tidak ada bacaleg yang diusung,” katanya.

Ia mengatakan, saat ini, sudah terdaftar 494 bacaleg yang berkasnya dievaluasi. Paling sedikit, jumlah bacaleg yang diusung dari PBB yaitu 19 orang.

“Mengenai kuota perempuan sendiri, secara global di Sleman sudah memenuhi sebesar 40 persen,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya