SOLOPOS.COM - Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jakarta Timur Sudarman Harjasaputra (kanan) dengan didampingi istrinya memenuhi undangan klarifikasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (21/3/2023). (ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat).

Solopos.com, JAKARTA–Nama Sudarman Harjasaputra, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jakarta Timur (Jaktim), menjadi buah bibir setelah sang istri yaitu Vidya Piscarista (VP) sering pamer gaya hidup mewah seperti mengunggah foto kunjungan ke beberapa negara seperti Austria, Jepang, Korea, Prancis, dan Polandia.

Imbas dari kejadian tersebut, Sudarman dipanggil oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait harta kekayaannya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baru-baru ini, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) secara resmi mencopot jabatan Sudarman.

Istri Sudarman menjadi sorotan setelah istrinya kedapatan kerap mengumbar gaya hidup mewah di media sosial. Mendapat hal itu warganet langsung mengorek harta kekayaan Sudarman.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Sudarman memiliki harta senilai Rp14,7 miliar. Harta paling banyak adalah rumah dan bangunan senilai Rp13,9 miliar.

KPK memanggil Sudarman untuk keperluan proses klarifikasi LHKPN-nya pada Selasa (21/3/2023).

Sudarman menambah panjang daftar pejabat di Tanah Air yang bergaya hidup mewah, baik yang ditunjukkan oleh mereka sendiri atau anggota keluarga mereka (istri/anak).

Sudarman memenuhi panggilan KPK. Dia datang bersama dan istri. Dia diperiksa selama lebih kurang 10 jam.  Mereka masuk ruang pemeriksaan pukul 09. 00 WIB dan baru keluar ruangan pukul 19.00 WIB.

Sudarman irit bicara ketika keluar dari lobi Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

“Semua data dan fakta sudah saya sampaikan ke tim LHKPN KPK dan saya ucapkan terima kasih, mereka sudah bekerja profesional,” ujarnya ketika ditanya soal materi klarifikasi, Selasa.

Keesokan harinya, yakni Rabu (22/3/2023), Kementerian ATR/BPN secara resmi membebastugaskan Sudarman sebagai Kepala BPN Jakarta Timur.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN Yulia Jaya Nirmawati mengatakan keputusan tersebut merupakan hasil dari pemeriksaan Inspektorat Jenderal Kementerian ATR/BPN melalui Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

“Untuk memudahkan proses pemeriksaan yang dilakukan, yang bersangkutan telah dibebastugaskan dari jabatan,” kata Yulia dalam keterangan resminya yang dikutip Rabu.

Menurut dia, tindakan Sudarman bertentangan dengan arahan Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto yang meminta seluruh pegawai tidak memamerkan kekuasaan, kekayaan, dan bermewah-mewahan.

“Pak Menteri juga meminta agar jajaran Kementerian ATR/BPN dapat membudayakan pola hidup sederhana, dimulai dari diri sendiri dan keluarga,” ulas Yulia.

Sebelumnya, ada sejumlah pejabat yang dicopot imbas ulah istri /anak mereka yang doyan memamerkan gaya hidup mewah. Mereka seperti Kepala Sub Bagian (Kasubag) Administrasi Kendaraan Biro Umum Kemensetneg Esha Rahmansah Abrar dan Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto (yang bersangkutan sering menunjukkan moge di media sosial).

Selain itu, Kabag Umum Kanwil DJP Jakarta Selatan II Kemenkeu Rafael Alun Trisambodo. Dia dicopot lalu dipecat sebagai PNS. Rafael Alun adalah pejabat pertama yang diperiksa harta kekayaannya sebagai imbas kasus penganiayaan yang dihadapi anaknya, Mario Dandy Satriyo.

Mario Dandy diketahui suka pamer kekayaan dengan menunjukkan Jeep Wrangler Rubicon dan sejumlah moge di media sosial.

Ada pula Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono. Dia sudah dimintai klarifikasi oleh KPK lantaran istri dan anaknya memamerkan gaya hidup mewah di media sosial. Belum diketahui keputusan otoritas terkait mengenai nasibnya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Kepala BPN Jakarta Timur Sudarman Harjasaputra Dibebastugaskan Akibat Istri Doyan Flexing

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya