Pemain Timnas Indonesia U-22 Marinus Wanewar (tengah) berselebrasi setelah mencetak gol kedua ke gawang Kamboja di laga Grup B Piala AFF U-22 di Stadion Nasional Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Jumat (22/2/2019). (Antara-Nyoman Budhiana)

Solopos.com, PHNOM PENH - Timnas Indonesia U-22 sukses menembus babak final Piala AFF U-22 2019. Keberhasilan Indonesia melaju ke partai puncak usai membekuk Vietnam dengan skor 1-0.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, Minggu (24/2/2019), Indonesia mencoba menyerang sejak awal. Tapi, mereka masih kesulitan menembus pertahanan Vietnam. Begitu pula dengan Vietnam yang juga peluangnya selalu mentah.

Peluang berbahaya pertama baru terjadi pada menit ke-20. Pemain Vietnam mendapat umpan matang di kotak penalti. Sayang sundulannya masih melambung di atas gawang yang dijaga Awan Setho Raharjo.

Indonesia baru bisa mengancam di menit ke-31. Mereka mendapat hadiah tendangan bebas yang dieksekusi oleh Luthfi Kamal. Sayang tembakan Luthfi yang diarahkan kotak penalti masih bisa digagalkan pemain belakang Vietnam.

Kedua tim terus mencoba mencari gol di sisa menit babak pertama. Sejumlah peluang didapat mulai dari tendangan bebas Bagas Adi hingga tendangan keras Sandi Rizki dari luar kotak penalti. Namun hingga babak pertama usai, skor 0-0 tetap tak berubah.

Di babak kedua, Indonesia langsung tancap gas. Pada menit ke-47, Marinus mendapat peluang matang melalui umpan Witan Sulaeman. Sayang sundulannya di dalam kotak penalti masih bisa digagalkan kiper Vietnam.

Indonesia akhirnya bisa memecah kebuntuan pada menit ke-69. Garuda Muda mendapat hadiah tendangan bebas tepat di depan kotak penalti. Luthfi Kamal yang menjadi ekskutor sukses mngelabui kiper lawan. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Setelahnya, Vietnam terus menggempur pertahanan Indonesia. Berulang kali mereka mengancam gawang Awan Setho. Beruntung, para pemain Indonesia masih bisa menghalau serangan Vietnam. Keunggulan Indonesia itu pun bertahan hingga laga usai.

Kemenangan ini membuat Indonesia lolos ke partai final Piala AFF U-22. Mereka akan menghadapi pemenang antara Kamboja vs Thailand.

Susunan pemain Timnas Indonesia U-22

Awan Setho, Firza Andhika, Bagas Adi, Nurhidayat, Asnawi Mangkualam, Luthfi Kamal, Sani Rizki, Gian Zola, Osvaldo Haay, Witan Sulaeman, Marinus Wanewar

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten