SOLOPOS.COM - Logo Apple. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — Komputer Apple, Mac Pro seri terbaru, telah diluncurkan ke pasaran. Harga piranti komputer bikinan perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu dijual dengan harga fantastis.

Dilaporkan Detik.com, Selasa (17/12/2019), Apple Mac Pro dijual dengan harga US$52.000 atau sekitar Rp729 juta. Itu artinya, perangkat komputer tersebut lebih mahal dibandingkan mobil Yoyota Camry terbaru yang dibanderol sekitar Rp620 juta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lantas apa istimewanya Apple Mac Pro yang dijual dengan harga lebih dari setengah miliar itu? Apple Mac Pro dengan harga Rp729 juta adalah versi yang tertinggi dengan spesifikasi paling ciamik. Apple juga mengeluarkan versi paling murah Mac Pro yang dibanderol US$6.000 atau setara dengan Rp84 juta.

Senior Research Director Gartner, Ranjit Atwal, mengatakan Apple Mac Pro sudah hampis eperti data center, jauh lebih hebat dari personal computer (PC) gaming biasa. "Dengan harga setinggi itu, anda bukan membeli sebuah PC. Ini hampir seperti sebuah data center portabel," ungkapnya.

Ada juga Jeff Fieldhack, Research Director di Counterpoint Research, yang punya komentar lain soal Mac Pro ini. Menurutnya, Mac Pro ini cocok untuk gamer hardcore. "Dengan harga seperti ini, [Mac Pro] cocok untuk gamer hardcore dan performance junkies," ujarnya.

Apple sejak awal memang memposisikan Mac Pro sebagai perangkat komputer berkemampuan tinggi yang didesain untuk profesional. Jenis-jenis pekerjaan tersebut meliputi pemrosesan data berskala besar, pengembangan aplikasi dan game, infrastruktur jaringan, pengolahan video, dan produksi musik.

Pada varian terendahnya, Mac Pro menggunakan prosesor Intel Xeon W 8 core, RAM 32 GB, GPU Radeon Pro 580X dengan VRAM 8GB, dan memori internal 256GB.

Sementara pada varian termahal yang harganya mencapai Rp729 juta, prosesor yang dipakai miliki 28 core atau 28 inti otak, RAM 1,5 TB atau 1.500 GB, dua GPU Radeon Pro Vega II, dan memori internal 4 TB atau 4.000 GV.

Pengguna pun punya opsi untuk menambahkan kartu Apple Afterburner, sebuah akselerator yang membuat pengguna bisa memutar tiga stream video RAW 8K secara bersamaan, yang harganya US$2.000 atau sekitar Rp28 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya