SOLOPOS.COM - Dua unit motor listrik keluaran terbaru United E-Motor, TX3000 dan TX1800, di GIIAS Semarang 2022. (Poncp Wiyono-Solopos.com)

Solopos.com, SEMARANG — Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Semarang 2022 menjadi ajang bagi produsen sepeda motor listrik untuk berunjuk gigi. Salah satunya, United E-Motor yang membawakan dua sepeda motor listrik terbaru.

United E-Motor Jawa Tengah & DIY berada di bawah naungan PT Pengusaha Muda Elektrik Motorindo (PMEM) Semarang dan ATPM PT Terang Dunia Internusa (TDI). Keduanya merilis dua tipe motor listrik sekaligus, yaitu TX3000 dan TX1800.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

CEO PT Pengusaha Muda Elektrik Motorindo Wulan Rudy Prasetya, mengatakan, motor keluaran terbarunya ini memiliki semuanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan kendaraan yang lebih hemat, efisien, dan ramah lingkungan.

“Mengingat harga BBM semakin meningkat maka kendaraan listrik merupakan pilihan dan solusi ke depan. Dua produk baru kami yakni TX3000 dan TX1800 ini cocok, sebab dilengkapi fitur yang canggih, mudah dikendarai, hemat dan pajak sangat murah,” jelasnya pada Minggu, (27/11/2022).

Wulan pun menyebutkan pihaknya bangga lantaran kendaraan listrik produksi mereka sudah resmi dipakai oleh beberapa instansi.

Baca Juga: Biaya Perawatan Mobil Listrik Dibandingkan Mobil Konvensional

Ia merujuk pada Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Presiden Joko Widodo dalam hal ini mengeluarkan peraturan tersebut dengan tujuan untuk mengkonversi kendaraan operasional pemerintah dari kendaraan konvensional menjadi kendaraan berbahan dasar listrik.

“Hingga saat ini beberapa instansi pemerintahan seperti Kabupaten Semarang, Kabupaten Demak, Kabupaten Jepara, dan Kabupaten Gorontalo sudah menggunakan produk kami United E-Motor, ke depan kemungkinan masih akan bertambah dari instansi lainya,” bebernya.

Sementara itu, Candra Sigit Mujana selaku General Manager PT Pengusaha Muda Elektrik Motorindo Semarang menjelaskan bahwa produk terbaru United E-motor yakni TX3000 dan TX1800 mampu menyusul capaian pendahulunya, yakni T1800 yang laris di pasaran.

Baca Juga: Pesona Girpasang Klaten, Destinasi Wisata Dataran Tinggi Terbaik Se-Indonesia

“Kami sangat optimistis bahwa produk dari United E-Motor Tech sesuai dengan kebutuhan masyarakat urban. Setelah peluncuran United E-Motor T1800 pada tahun 2020 lalu, kami tertantang untuk mempersiapkan varian baru lainnya. Kini, kami hadirkan 2 tipe terbaru dari United E-Motor Tech yaitu TX3000 dan TX1800 dengan berbagai spesifikasi unggulannya,” ungkapnya.

Candra menjelaskan, produk United E-Motor tipe TX3000 ini setara dengan motor konvensional berkapasitas 160cc, dengan dibekali motor listrik 3000 watt.

Motor ini juga dibekali dua baterai Lithium 60V28AH dengan berat 11,6 kilogram mampu menjelajah hingga 120 kilometer. Sementara beberapa fitur juga turut melengkapi kedua tipe terbaru United E-Motor Tech tersebut, seperti Digital Panel Display, Built-in Bluetooth, One-Key Easy Opening, serta Hydraulic Hinged Seat.

TX3000 dikatakan mampu melesat hingga 90 km/jam. Candra menambahkan, TX3000 dilengkapi sistem pengereman Combi Brake System (CBS), sehingga pengereman menjadi lebih optimal.

Baca Juga: Desa Conto Wonogiri Jadi Desa Wisata Terbaik Jateng 2022 untuk Kategori Ini

Keluaran lain, TX1800, dikatakan Candra dapat melaju hingga kecepatan 75 km/jam, dan memiliki jarak tempuh hingga 65 km.

TX3000 dibanderol dengan harga Rp. 55.600.000,- (OTR Semarang). Sementara TX1800, dihargai dengan harga Rp. 39.800.000,- (OTR Semarang).

“Untuk Varian warna sangat beragam seperti Putih, Hitam, Kuning, dan Abu-abu ada di TX3000, sedangkan TX1800 ada warna Abu-abu, Putih, dan Merah. Untuk masyarakat yang menanyakan servis, jangan cemas karena motor listrik sangat minim perawatan dan sangat murah sperpartnya. Jika ada kendala dengan motor listrik langsung bisa menghubungi dealer kami, untuk promo di GIIA Semarang ini akan diberikan diskon Rp1 juta, lalu bebas pajak 3 tahun, dan voucher Rp200.000,” jelas Candra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya