SOLOPOS.COM - Weststar Maxus V80 tampak belakang. (Autonetmagz.com)

GIIAS 2015 memamerkan Van Maxus V80. Wakil Presiden Jusuf Kalla dikabarkan jatuh hati pada mobil tersebut.

Solopos.com, TANGERANG – Di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) sempat menyambangi booth PT Weststar Maxus Indonesia (WMI). Kabar yang beredar mengatakan JK jatuh hati dengan van Maxus V80.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Maxus V80 merupakan satu-satunya kendaraan Tiongok-Malaysia di pameran otomotif GIIAS 2015. Awalnya Maxus merupakan merek van asal Inggris yang diakuisisi SAIC Motors asal Tiongkok. Untuk memasarkan produk ke Indonesia, mereka menggandeng distributor asal Malaysia, Weststar.

Dari tampilan luarnya, mobil van dengan logo mirip lambang gerakan Freemason itu memiliki tampilan tak jauh berbeda dari mobil angkutan travel kelas premium. Ketika masuk ke kabin, akan dijumpai pula deretan jok yang muat untuk 10 penumpang.

Akan tetapi pada varian tertentu, van Maxus V80 dibekali interior mewah layaknya ruangan tamu lengkap dengan furnitur dan kamar mandi.

Kendati diproduksi di Tiongkok, tampak kualitas bodi yang ditawarkan tak kalah dari mobil Jepang yang dibuat di India, Indonesia maupun Thailand.

“Kami sudah antisipasi pertumbuhan van komersial. Alasan inilah yang membuat kami meluncurkan Weststar Maxus di Indonesia, juga memperluas jaringan dan pusat servis,” ungkap Tan Sri Syed Ibrahim, Managing Director Weststar Group seperti dilansir laman Detik, Rabu (26/8/2015).

Dikutip Solopos.com dari laman Autonetmagz, mobil idaman JK itu mengusung jantung pacu berupa mesin Euro 4 2.500 cc empat silinder Twin-camshaft Turbodiesel bertenaga 136 hp pada 3.800 rpm dan torsi 360 Nm pada 1.800 rpm.

Uniknya, mesin tersebut justru tidak dibuat di Tiongkok. Weststar memasrahkan mesin itu untuk dibuat di Italia oleh VM Motori, produsen spesialis mesin diesel di bawah naungan raksasa otomotif Fiat Chrysler.

Ibrahim menjelaskan Maxus V80 akan hadir dalam tiga varian, yakni model van penumpang, long wheelbase panel van dan short wheelbase panel van. “Semua varian memiliki daya angkut hingga 3,5 ton,” imbuhnya.

Sayangnya dalam pameran otomotif GIIAS 2015 itu tak dibocorkan harga Maxus V80. Ibrahim hanya mengatakan van itu akan tersedia di diler WMI wilayah Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Lampung, dan Bali.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya