Gibran Ungkap Alasan Pakai Beskap Cokelat saat Upacara HUT RI di Solo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengenakan beskap warga cokelat saat menjadi inspektur upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Stadion Sriwedari Solo.

 Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama Selvi Ananda dan Jan Ethes setelah upacara upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Stadion Sriwedari Kota Solo, Rabu (17/8/2022) (Solopos/Gigih Windar Pratama)

SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama Selvi Ananda dan Jan Ethes setelah upacara upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Stadion Sriwedari Kota Solo, Rabu (17/8/2022) (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengenakan beskap warna cokelat saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun atau HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Stadion Sriwedari, Solo, Rabu (17/8/2022).

Putra sulung Presiden Jokowi ini tampil gagah dengan busana beskap berwarna cokelat muda tersebut. Dipadukan dengan kain batik yang juga berwarna cokelat untuk bawahan, Gibran tampil penuh percaya diri ditemani sang istri Selvi Ananda yang mengenakan kebaya berwarna merah.

PromosiGelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Rantai Pasok UMKM

Putra sulungnya, Jan Ethes Srinarendra, tak ketinggalan dan tampak menggemaskan dengan beskap warna hitam. Bukan tanpa alasan Gibran memakai beskap berwarna cokelat muda tersebut.

Ada filosofi terkandung dalam warna cokelat beskap yang dipakai Gibran saat upacara HUT RI tersebut. Kepada para wartawan seusai upacara, Gibran menjelaskan alasan memilih beskap warna cokelat tersebut.

“Warna cokelat karena merupakan warna tanah, jadi maknanya untuk tetap membumi,” jelas Gibran. Ia tak menjelaskan lebih jauh mengenai pakaiannya tersebut maupun pakaian sang istri dan anaknya.

Baca Juga: Viral Video Anggota Paskibra Solo Menangis, Begini Cerita Lengkapnya

Selain Gibran, hadir pula dalam Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakoso, Ketua DPRD Solo Budi Prasetyo, dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimpda) Solo. Gibran menjadi inspektur upacara sementara Kapten (Kal) Prasetio menjadi komandan upacara dan Kapten (Lak) Widayat menjadi perwira upacara.

Percepatan Vaksinasi

Rangkaian kegiatan dimulai sejak Pukul 07.15 WIB, ditandai dengan lagu Rayuan Pulau Kelapa gubahan Ismail Marzuki. Kemudian disusul tari-tarian tradisional Jawa dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo. Upacara dimulai pukul 07.45 WIB.

Gibran yang mengenakan beskap warna cokelat pada upacara HUT RI pagi itu memberikan amanat mengenai filosofi kemerdekaan Indonesia ke-77 pascapandemi Covid-19 dengan slogan Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

Baca Juga: Upacara Kemerdekaan di Sriwedari, Gibran Targetkan Percepatan Vaksinasi

Ia mengajak rakyat Solo untuk segera pulih pascapandemi. Selain itu, ia mengajak masyarakat Solo turut serta dalam percepatan vaksinasi booster. Upacara bendera pagi itu sempat diwarnai kehebohan saat anggota Paskibra gagal mengibarkan bendera merah putih dikarenakan pengait di bagian atas tiang pecah.

Para anggota paskibra tak bisa menahan tangis sedih dan kecewa. Gibran berusaha menenangkan mereka dengan menyebut bahwa kejadian itu bukan salah mereka melainkan karena faktor teknis. Wali Kota Solo itu mengapresiasi para anggota Paskibra yang sudah berusaha keras menjalankan tugas mereka.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Kronologi Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo, Jendela Rumah sampai Bergetar

      Ledakan di Asrama Brimob Arumbara di Desa Telukan, Grogol, Sukoharjo, Minggu (25/9/2022) petang, cukup keras hingga mengakibatkan jendela rumah bergetar.

      Bum! Ada Ledakan di Asrama Brimob Telukan Grogol Sukoharjo, 1 Polisi Terluka

      Satu orang terluka akibat ledakan di Asrama Brimob Arumbara di Desa Telukan, Grogol, Sukoharjo, Minggu (25/9/2022) petang.

      Tanah Tiba-Tiba Ambles, Warga Mayungan Klaten Terperosok ke Dasar Sumur

      Sukisno, 79, warga Desa Mayungan, Kecamatan Ngawen berhasil diselamatkan tim gabungan setelah tercebur sumur sedalam 13 meter, Minggu (25/9/2022).

      Menelisik Rantai Bisnis Perdagangan Anjing di Solo sampai Jadi Rica-Rica Gukguk

      Rantai bisnis perdagangan anjing di Kota Solo, mulai dari pengiriman sampai menjadi rica-rica gukguk yang tersaji di meja warung, berlangsung senyap dan cepat.

      Munculnya Hutan Kamboja di Klaten Ternyata Berawal dari Ketidaksengajaan

      Kabupaten Klaten dinilai banyak menyimpan wisata hits di kalangan anak muda.

      Rumah Warga Gesi Sragen Ludes Terbakar Saat Ditinggal Kondangan

      Rumah milik Nur Solihin, 52, warga Dukuh Grengseng Poleng, RT 004, Desa Gesi, Kecamatan Gesi, Kabupaten Sragen, ludes terbakar saat ditinggal kondangan pada Minggu (25/9/2022).

      Harga Cabai dan Telur Turun, Pasar Tradisional di Klaten Malah Sepi Pembeli

      Harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar darurat Pasar Gede Klaten relatif stabil dan ada yang turun.

      7 Pasangan Bercerai di Sragen Setiap Hari, Salah Satu Penyebabnya Kawin Paksa

      Pengadilan Agama (PA) Sragen menerima 2.740 perkara perceraian selama kurun waktu satu tahun pada 2021. Lebih dari separuhnya atau 62,19% merupakan perkara cerai gugat.

      Besok Jembatan Mojo dan Jurug B Sama-Sama Ditutup, Dishub Solo: Naik KRL Saja

      Dishub Solo menyarankan warga yang tidak ingin terjebak macet untuk beralih menggunakan KRL commuterline Solo-Jogja-Palur selama Jembatan Jurug B-Mojo ditutup.

      Unik! Wisata Spiritual Bernuansa Jepang di Museum Sewu Rai Wonogiri

      Museum di Wonogiri ini menyuguhkan hal yang berbeda dengan museum lainnya, yaitu di dalam museum terdapat wisata spiritual.

      HUT Ke-17 Himpaudi Klaten, 1.200 Peserta Ikuti Senam Kolosal dan Pentas Seni

      Sebanyak 1.200 peserta mengikuti senam kolosal dan pentas seni di Lapangan Taman Candi Sojiwan, Prambanan, Klaten, Sabtu (24/9/2022).

      Selamat! Inilah Para Juara Lomba Mewarnai dan Menggambar HUT Ke-25 Solopos

      Enam peserta terpilih menjadi juara lomba mewarnai dan menggambar yang digelar Solopos Media Group, Minggu (25/9/2022) di Pendapa Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. 

      Perdana CFD Colomadu, Masih Banyak Pengendara Motor Curi-curi Kesempatan

      Masih banyak pengendara motor nekat melintas di area bebas kendaraan bermotor pada gelaran perdana CFD Jl. Adisucipto di Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Minggu (25/9/2022).

      Ada CFD di Colomadu, CFD Slamet Riyadi Solo Tetap Ramai dan Banyak Event

      Penyelenggaraan CFD untuk kali pertama di Jl Adi Sucipto, Colomadu, Karanganyar, Minggu (25/9/2022), belum banyak berpengaruh pada CFD di Jl Slamet Riyadi, Solo.

      Toponimi dan Filosofi Kantor Kelurahan di Banjarsari Solo Berlokasi di Pojokan

      Ada alasan filosofis di balik pembangunan sebagian besar kantor kelurahan di Kecamatan Banjarsari, Solo, berlokasi di pojokan atau dekat persimpangan jalan.