SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (tengah) dan Duta Besar RI untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto (memegang mik) pada Bazaar UMKM Indonesia 2023 di KBRI Seoul, Selasa (6/6/2023). (Istimewa/KBRI Seoul)

Solopos.com, SOLO–Perusahaan otomotif asal Korea Selatan (Korsel), Hyundai, bakal memamerkan unit khusus Hyundai Ioniq 5 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Agustus 2023. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meninjau desain Hyundai Ioniq 5 dengan motif batik Solo di Korsel.

Duta Besar RI untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto menjelaskan KBRI Seoul, Hyundai, dan Gibran bekerja sama industri kreatif dan industri otomotif dalam rangka perayaan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Korsel. Kolaborasi itu adalah Batik of Ioniq 5.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, batik sangat populer di setiap generasi di Indonesia. Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau UNESCO menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-Bendawi sejak 2009.

Gandi mengatakan batik dikenal dengan produk kain tradisional Indonesia. Banyak orang mengenal batik dari Kota Solo. KBRI Seoul, Hyundai, dan Gibran akan mengenalkan batik dalam bentuk yang baru.

“Batik sangat terkenal di Indonesia. Sedangkan Korea Selatan dikenal terdepan dengan industri otomotifnya khususnya kendaraan listrik,” jelasnya kepada wartawan melalui luring maupun secara virtual, Rabu (7/6/2023).

Dia menjelaskan KBRI Seoul memfasilitasi industri kreatif Indonesia berkolaborasi dengan industri otomotif Korsel melalui lahirnya desain batik untuk produk Hyundai. Untuk itu, KBRI Seoul memilih batik Solo untuk Hyundai Ioniq 5.

Menurut Gandi, prototipe Hyundai Ioniq 5 dengan motif batik Solo akan dipamerkan di acara pameran mobil di Jakarta dalam waktu dekat. Mobil akan diproduksi secara terbatas. Namun, Hyundai akan mempertimbangkan untuk memproduksi massal.

Gandi mengatakan telah menyampaikan untuk mewujudkan ide kolaborasi kepada petinggi Hyundai Motor Company. Ada diskusi lanjutan pada tahap terkini. KBRI Seoul mengajak Gibran terlibat pada presentasi motif batik untuk Ioniq 5.

Gandi menambahkan Hyundai telah membangun pabrik dan akan memproduksi mobilnya di Deltamas, Jawa Barat. Gandi pernah mengajak CEO Hyundai Motor Asia Pacific HQ, Lee Young Tack dan COO Hyundai Motor Asia Pacific HQ, Lee Kang Hyun berkunjung ke Solo. Menurut dia, Hyundai mempertimbangkan mengembangkan bisnisnya di Kota Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya