Gibran-Teguh Tumbang di Beberapa TPS Pilkada Solo, Mana Saja?
Cawali-cawawali Pilkada Solo 2020 dari PDIP, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO -- Pasangan cawali-cawawali Solo dari PDIP, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa atau Gibran-Teguh memang unggul telak dari lawan mereka Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) pada Pilkada Solo 2020.

Secara kumulatif, perolehan suara Gibran-Teguh dari 1.231 tempat pemungutan suara (TPS) berdasarkan real count DPC PDIP Solo dan Bawaslu Solo unggul jauh.

Bahkan mereka unggul di TPS 08 Penumping, Laweyan, tempat cawali jalur perseorangan Bagyo Wahyono menggunakan hak suaranya.

Pengusaha: Simpang Siur Informasi Soal Karantina Pemudik ke Solo Bikin Bisnis Kacau

Gibran-Teguh juga menang di TPS 028 Pajang, Laweyan, Solo, tempat cawawali independen FX Supardjo mencoblos. Kendati sukses menunjukkam dominasinya di TPS lawan, ternyata pasangan Gibran-Teguh tumbang pada beberapa TPS.

"Memang ada beberapa TPS yang [Gibran-Teguh] kalah. Tapi saya belum bisa menyebutkan TPS mana saja. Sebab itu baru dari catatan internal kami," ujar Ketua Tim Pemenangan Gibran-Teguh, Putut Gunawan, Jumat (11/12/2020) siang.

Menurut Putut, kekalahan pasangan Gibran-Teguh dari pasangan Bajo terjadi pada dua hingga tiga TPS. Tim Pemenangan Gibran-Teguh masih menunggu hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo untuk mengecek kebenaran ada TPS mana saja yang dimenangi Bajo.

Gelap Gulita, 2 Malam Berturut-Turut Terjadi Laka Mobil Tabrak Median Jalan Underpass Makamhaji Sukoharjo

Tunggu Penetapan KPU

"Kami belum berani sampaikan sekarang. Nanti tunggu kepastian dari penghitungan dan penetapan oleh KPU. paling tidak tingkat PPK [panitia pemilihan kecamatan]. Tapi dari hasil perhitungan kami ada, kalau tidak dua TPS ya tiga [yang kalah]," urainya.

Putut menilai kekalahan Gibran-Teguh pada beberapa TPS Pilkada Solo tersebut bisa disebabkan tidak adanya kader penggerak yang memadai.

Bisa juga karena di wilayah TPS itu terdapat tokoh lokal yang bergerak memobilisasi pemilih agar mencoblos Bajo. "Ini jadi catatan kami untuk evaluasi petugas anak ranting dan TPS itu," tegasnya.

Karantina Pemudik Momen Nataru di Solo Technopark Ditunda, Ini Alasannya

Berdasar hasil hitung cepat real count Bawaslu Solo dari 1.231 TPS, Bajo mendapat 35.302 suara atau 13,55 persen. Sedangkan Gibran-Teguh mendapat 225.148 suara atau 86,45 persen.

Pasangan ini unggul semua atau lima wilayah kecamatan. Data tersebut tidak berbeda jauh dengan real count dari DPC PDIP Solo.

DPC PDIP mencatat kemenangan pasangan Gibran-Teguh dengan 225.326 suara atau 86,13 persen. Sedangkan pasangan jalur perseorangan Bajo mendapat 36.298 suara atau 13,87 persen.



Berita Terkini Lainnya








Kolom