Gibran Tegaskan Pembangunan Masjid Sriwedari Solo Segera Dilanjutkan

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, akan mengembalikan Sriwedari sebagai ruang publik. Ia juga berkomitmen melanjutkan pembangunan Masjid Sriwedari yang sempat terhenti.

 Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Solopos/Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Keluarnya Putusan Mahkamah Agung (MA) Nomor 2085 K/Pdt/2022 yang mengabulkan kasasi Pemkot Solo mendapat tanggapan dari banyak kalangan.

Tidak terkecuali Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang mewakili Pemkot Solo selaku pelawan dalam perkara tersebut. Melalui pesan WhatsApp (WA) kepada solopos.com, Gibran menyampaikan terima kasih atas dukungan masyarakat Solo.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

“Terima kasih atas dukungan dari seluruh warga Solo. Kami tidak akan berhenti berjuang,” ungkap Gibran, Jumat (7/10/2022) sore. Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menyatakan ke depan tanah Sriwedari akan dikembalikan sebagai ruang publik.

Tapi dia berkomitmen untuk melanjutkan kembali pembangunan Masjid Taman Sriwedari yang beberapa waktu terakhir mangkrak. “Ke depannya [Sriwedari] akan kami kembalikan sebagai public space dan pembangunan masjid harus segera dilanjutkan,” kata dia.

Terpisah, Ketua Komisi I DPRD Solo, Suharsono, menepis pernyataan yang menyebutkan Pemkot Solo baru kali ini memenangi sengketa tanah Sriwedari dari ahli waris. Dia menunjukkan dokumen putusan Pengadilan Negeri (PN) Solo pada 17 November 2011.

Baca Juga: Tak Main-Main, FPDIP Upayakan Rp80 Miliar dari APBD Solo untuk Masjid Sriwedari

Merujuk putusan PN Solo Nomor 31/Pdt.G/2011/PN.Ska itu Suharsono menyatakan Pemkot Solo pernah menang atas ahli waris. Sehingga, dia melanjutkan, bila kuasa hukum ahli waris menyatakan Pemkot Solo tidak pernah menang sidang adalah tidak benar.

“Putusan itu bukti Pemkot Solo pernah menang dan gugatan ahli waris dinyatakan nebis in idem. Artinya kalau pengacara ahli waris menyatakan Pemkot enggak pernah menang, salah. Putusan itu menyatakan gugatan [ahli waris] tidak dapat diterima,” ujarnya.

Lebih jauh Suharsono berpendapat Putusan MA Nomor 2085 K/Pdt/2022 sudah mengadili pokok perkara perlawanan. Sebab putusan itu menurut dia sudah mempertimbangkan kepada dalil-dalil gugatan perlawanan dalam pokok perkara yang disengketakan.

Baca Juga: Sengketa Tanah Sriwedari, PN Solo Masih Menunggu Salinan Resmi Putusan Baru MA

“Pertimbangan itu menyebut secara eksplisit objek eksekusi telah mengenai tanah HP dengan pemegang hak pelawan [Pemkot Solo], dan tanah objek eksekusi bekas hak recht egendom Nomor 295 seluas 34.250 meter persegi yang dikonversi jadi HGB No 22,” kata dia.

Suharsono menjelaskan HGB Nomor 22 itu sudah habis masa berlakunya dan ditolak permohonannya oleh negara dan menjadi tanah negara bebas, serta telah diterbitkan beberapa sertifikat hak pakai (HP). Sertifikat HP tersebut yakni HP Nomor 26 Sriwedari, Nomor 00046 Sriwedari, Nomor 40 Sriwedari, serta Nomor 41 Sriwedari.

“Atas pertimbangan itu maka sita eksekusi harus diangkat dan penetapan eksekusi dibatalkan. Artinya putusan yang dimohonkan eksekusi tak bisa dilaksanakan [non-executabel]. Sampai dunia runtuh tanah Sriwedari tidak bisa dieksekusi,” kata Suharsono.

Baca Juga: Respons Putusan MA, Komunitas Sriwedari Desak Pemkot Solo Lakukan Revitalisasi

Dengan begitu, dia melanjutkan, tanah Sriwedari akan tetap menjadi hak entitas rakyat Solo dengan HP atas nama Pemkot Solo.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Kembangkuning dan Manggis Jadi Daerah Rawan I Pilkades Serentak Boyolali 2022

      Kapolres Boyolali, AKBP Asep Mauludin, mengungkapkan Polres Boyolali telah membagi tingkat kerawanan masing-masing desa dalam Pilkades Serentak 2022.

      Digelar Besok, Ini Kisi-Kisi Ujian CAT PPK di Boyolali

      Ketua KPU Boyolali, Ali Fahrudin menyampaikan ada beberapa pengetahuan yang wajib diketahui sebagai calon petugas PPK seperti pengetahuan terkait kepemiluan dan pilkada, partai, dan wawasan kebangsaan.

      Gibran Ungkap Alasan Ubah Jl Diponegoro Solo Jadi Jl Ngarsapura: Untuk Branding

      Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyebut alasan munculnya wacana mengubah Jl Diponegoro menjadi Jl Ngarsapura untuk kepentingan branding wisata.

      Layani Aduan Masyarakat, Polres Sukoharjo Berikan Pos Polisi Keliling

      Pos polisi keliling tersebut melayani aduan masyarakat seperti kehilangan barang, seperti kartu keluarga (KK), ATM, KTP, dan sebagainya.

      Daftar Agenda Donor Darah PMI Wonogiri Sepanjang Desember 2022

      PMI Wonogiri membuka pelayanan bagi warga yang ingin melakukan donor darah.

      Tak Hanya CFD, Sederet Agenda Tetap Jalan Meski Ada Pernikahan Kaesang di Solo

      Sejumlah agenda rutin maupun insidental tetap berlangsung meski ada acara tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Solo, Minggu (11/12/2022).

      Solopos Hari Ini: Siaran Analog Berhenti, STB Dicari

      Penghentian siaran televisi bersistem analog di wilayah Soloraya membuat set top box (STB) diburu.

      Beli Rp10.000 Dapat 1 Paket Sembako di Pasar Murah Sragen

      Program pasar murah dan kegiatan padat karya tersebut sengaja digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen sebagai amanat Peraturan Menteri Keuangan (PMK) untuk antisipasi dampak inflasi akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

      Wali Kota Gibran Pastikan Tak Libatkan Seniman Ibu Kota untuk Nikahan Kaesang

      Gibran mengklaim semua seniman Solo mulai, antara lain, musik dan tari-tarian ada. Informasi lengkap tentang panggung hiburan akan dilakukan dengan jumpa pers pekan ini.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 5 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Senin (5/12/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 5 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Senin (5/12/2022), bisa disimak di sini.

      Keluarga Presiden Bagikan Makanan bagi Penonton Kirab Nikah Kaesang di CFD Solo

      Keluarga Presiden Jokowi akan membagikan makanan dan suvenir saat kirab pernikahan Kaesang-Erina.

      Pilkades Antarwaktu di 2 Desa di Bulu Sukoharjo Kondusif, Ini Hasilnya

      Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sukoharjo Sigit Nugroho mengatakan pada 2022 pemilihan Kades Pengganti Antarwaktu telah digelar selama tiga kali.

      Inilah 15 Lokasi Parkir Mobil Tamu Undangan Pernikahan Kaesang-Erina di Solo

      Panitia menyiapkan 15 kantong parkir mobil tamu undangan saat pernikahan Kaesang-Erina di Solo.

      Ratusan Kamera CCTV Solo Smart City Awasi Potensi Gangguan Saat Nikahan Kaesang

      Petugas keamanan akan dibantu ratusan kamera CCTV Solo Smart City untuk mendukung pengamanan pelaksanaan pernikahan Kaesang-Erina di Solo.